Gboard Bakal Punya Shortcut untuk Emoji

Gboard Bakal Punya Shortcut untuk Emoji

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 21 Jul 2020 14:19 WIB
emoji
Gboard Bakal Punya Shortcut untuk Emoji. Foto: Google
Jakarta -

Pada hari emoji sedunia 17 Juli kemarin, Google merayakannya dengan mengumumkan shortcut atau jalan pintas untuk emoji di Gboard. Pada keyboard khas Google ini nantinya akan muncul bar untuk emoji.

Dikutip dari GSM Arena, bar ini akan muncul di dekat bar atau fitur autocorrect, yaitu di bagian atas bar deretan nomor. Untuk saat ini fungsi tersebut masih dalam tahap beta, dan sedang disiapkan untuk dirilis dalam waktu dekat.

Fungsi shortcut memang terkesan sederhana, namun akan sangat membantu. Selama ini ketika ingin menggunakan emoji di Gboard, pengguna masih melakukan cara yang agak merepotkan dan masih jadul.

Pengguna harus menekan tombol koma tepat di antara simbol dan tombol bahasa, baru kemudian bar deretan emoji akan terbuka. Dengan shortcut, nantinya pengguna tidak perlu membuka bagian lain saat ingin mengirimkan emoji. Apalagi emoji sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari percakapan teks.

Untuk meningkatkan bentuk komunikasi yang lebih canggih dan ekspresif, Google juga berencana memperkenalkan 117 emoji baru. Emoji baru itu antara lain termasuk orang memberi botol susu pada bayi, orang berkerudung, orang berpakaian tuksedo, dan wajah tersenyum dengan air mata bahagia.

Selain itu ada juga beberapa emoji baru untuk berbagai isyarat tangan, misalnya mencubit. Emoji-emoji ini juga akan hadir di perangkat berbasis iOS 14.

Namun Google tidak menyebutkan kapan ketersediaan shortcut dan emoji-emoji baru ini mulai bisa digunakan. Jadi, tunggu saja dan pastikan Gboard kalian selalu diupdate.



Simak Video "Google Optimistis Pandemi Covid-19 Jadi Motivasi Percepat Digitalisasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)