Bulan Depan, Facebook Siapkan Platform Pesaing YouTube

Bulan Depan, Facebook Siapkan Platform Pesaing YouTube

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 16 Jul 2020 09:41 WIB
Facebook ramai diboikot gara-gara dianggap enggan atasi ujaran kebencian, apakah Facebook akan mati?
Bulan Depan, Facebook Siapkan Platform Pesaing YouTube. Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Tak hanya TikTok, Facebook juga tengah menyiapkan misi untuk menyaingi YouTube.

Saat ini Facebook sedang bersiap meluncurkan video musik berlisensi di jejaring sosial miliknya. Untuk tahap pertama, wilayah Amerika Serikat menjadi yang pertama disambanginya bulan depan, demikian seperti dilansir Tech Crunch, Kamis (16/7/2020).

Artis atau musisi yang sudah memiliki halaman di Facebook, diimbau untuk beralih ke pengaturan baru agar bisa memasukkan video musiknya. Terkait imbauan ini, Facebook memberi tenggat waktu hingga 1 Agustus.

Pengaturan baru ini memberikan izin kepada Facebook menambahkan video musik ke halaman mereka, di mana nantinya penggemar mereka dapat menontonnya di tab video di halaman.

Cara ini seakan menjadi jawaban dari persoalan, di mana sebelumnya artis yang terikat kontrak dengan label besar di Negeri Paman Sam melarang berbagi video berdurasi penuh di Facebook. Sebagai gantinya, label musik tersebut hanya membagikan cuplikan video dengan durasi singkat di Facebook.




Menurut laporan Bloomberg pada Desember lalu, perusahaan raksasa jejaring sosial ini tengah melakukan negosiasi dengan tiga perusahaan musik besar, di antaranya Universal Music Group, Sony Music Entertainment, dan Warner Music Group untuk mengantongi hak video musiknya.

Berbicara mengenai video online gratis, YouTube sampai saat ini masih mendominasi dengan lebih dari dua miliar pengunjung bulanan dan lebih dari 500 jam video yang diunggah di setiap menitnya di platform anak perusahaan Google itu.



Simak Video "Mark Zuckerberg Selancar Pakai Sunscreen Tebal, Netizen: Mirip Joker!"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)