WhatsApp Bakal Kedatangan 6 Fitur Baru, Apa Saja?

WhatsApp Bakal Kedatangan 6 Fitur Baru, Apa Saja?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 16 Jun 2020 06:02 WIB
 on February 19, 2014 in San Francisco City.
WhatsApp Bakal Kedatangan 6 Fitur Baru, Apa Saja? Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

WhatsApp terus menambahkan fitur-fitur baru untuk semakin memudahkan penggunanya. Informasi terbaru, layanan messaging ini sedang menguji coba enam fitur baru yang akan meluncur dalam waktu dekat.

Fitur-fitur ini pertama kali dilihat oleh WABetaInfo lewat WhatsApp versi alpha dan beta di Android dan iOS. Apa saja enam fitur baru itu? Yuk kita bahas satu persatu.

Mencari chat sesuai tanggal

WABetaInfo menemukan fitur 'Search by date' yang memungkinkan pengguna untuk mencari pesan sesuai tanggal spesifik yang diinginkan. WhatsApp memang telah menyediakan fitur untuk mencari chat tapi fitur baru ini akan memberi opsi yang lebih advanced.

Dikutip detikINET dari NDTV, Selasa (16/6/2020) ketika membuka opsi Chat Search di WhatsApp untuk iOS, akan ada ikon kalender di atas keyboard. Ketika ikon itu diklik, akan muncul pemilih tanggal yang bisa memilih tanggal, bulan dan tahun yang spesifik.

fitur baru whatsappFitur Search by date WhatsApp Foto: WABetaInfo

Pengguna WhatsApp di Android juga kemungkinan akan mendapatkan fitur ini dengan mengakses opsi Search yang ada di jendela chat.

Fitur ini dirancang untuk melakukan pencarian di dalam chat, bukan pencarian yang lebih universal. Fitur tersebut juga saat ini masih berada dalam tahap alpha.

Warna baru bubble pesan di dark mode

Fitur besar lainnya yang akan segera hadir adalah warna baru untuk bubble pesan di chat ketika mengaktifkan dark mode. Dari screenshot yang dipamerkan WABetaInfo, terlihat warna baru yang sedikit berubah untuk meringankan mata saat membuka WhatsApp di lingkungan minim cahaya.

fitur baru whatsappWarna bubble chat baru untuk WhatsApp dark mode Foto: WABetaInfo

Desain Storage Usage yang Baru

WhatsApp juga sedang mengembangkan desain baru untuk bagian Storage Usage. Bagian ini akan menampilkan opsi Large files untuk menampilkan file berukuran besar.

Ada juga opsi Forwarded files yang berguna untuk menyaring file apa saja yang pernah diteruskan pengguna di WhatsApp. Opsi baru ini sepertinya dikenalkan untuk memudahkan bersih-bersih tempat penyimpanan di WhatsApp pengguna.

fitur baru whatsappOpsi baru di Storage Usage WhatsApp Foto: WABetaInfo

Selain itu akan ada opsi Sort yang memungkinkan pengguna untuk mengurutkan foto yang diterima dari kontak tertentu. Opsi baru ini akan mengurutkan foto sesuai urutan paling baru, paling lama atau ukurannya agar memudahkan pengguna untuk memilih foto mana yang ingin dihapus atau disimpan.

Desain baru di bagian Storage Usage ini sedang diuji coba di WhatsApp untuk Android. Tapi tidak menutup kemungkinan fitur ini juga akan dihadirkan di iPhone.

Opsi baru menghapus pesan

WhatsApp juga sedang mengembangkan opsi menghapus pesan yang memungkinkan pengguna untuk menghapus semua pesan kecuali yang telah dibintangi.

Screenshot dari WhatsApp untuk iOS memperlihatkan opsi 'Delete all except starred' yang akan tersedia bersama opsi 'Delete all messages'. Selain itu, di bagian Storage Usage juga ada opsi 'Clear except starred' yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan pesan yang telah dibintangi dan menghapus pesan dan file lainnya dalam satu waktu.

fitur baru whatsappOpsi baru menghapus pesan di WhatsApp Foto: WABetaInfo

Integrasi ShareChat

WABetaInfo melaporkan bahwa WhatsApp sedang menyiapkan video player khusus untuk video dari ShareChat. Cara kerjanya sama seperti ketika pengguna mengirimkan link video dari YouTube atau Instagram yang langsung bisa ditonton dari WhatsApp.

Dari salah satu screenshot juga terlihat bahwa video ShareChat yang dibagikan di WhatsApp akan didukung fitur Picture-in-Picture.

fitur baru whatsappIntegrasi video ShareChat di WhatsApp Foto: WABetaInfo

Mencari gambar di web untuk pengguna iPhone

WhatsApp akan membawa fitur mencari gambar di web untuk pengguna iPhone. Fitur ini sebelumnya telah diuji coba untuk pengguna Android selama beberapa bulan terakhir.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan reverse image search atau mencari gambar yang mereka terima di WhatsApp lewat web. Fitur ini sepertinya dikenalkan untuk mencegah penyebaran hoax dan misinformasi di platform messaging tersebut.

fitur baru whatsappFitur Search image on the web di WhatsApp untuk iOS Foto: WABetaInfo

Selain itu, untuk gambar yang telah diteruskan lebih dari empat kali, WhatsApp akan menggantikan tombol forward dengan tombol 'Search on the web'. Jika pengguna mencoba fitur ini, gambar mereka akan diunggah ke Google.

Perlu dicatat bahwa fitur-fitur di atas masih dalam tahap uji coba alpha dan beta, dan kemungkinan akan diubah sebelum digulirkan ke publik. Belum diketahui kapan enam fitur tersebut akan dirilis. tapi kemungkinan dalam waktu beberapa bulan ke depan.

(vmp/afr)