Jumat, 06 Mar 2020 15:24 WIB

Apple Cekal Aplikasi Terkait Virus Corona di App Store

Virgina Maulita Putri - detikInet
App Store Apple Cekal Aplikasi Terkait Virus Corona di App Store (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Apple mencekal aplikasi terkait virus corona yang ingin masuk ke App Store. Jika aplikasi tersebut tidak datang dari institusi resmi seperti pemerintah atau rumah sakit, maka aplikasi akan ditolak oleh Apple.

Dikutip detikINET dari CNBC, Jumat (6/3/2020) empat pengembang aplikasi independen mengatakan Apple menolak aplikasi mereka yang memungkinkan orang-orang untuk melihat statistik tentang negara mana saja yang memiliki kasus positif COVID-19.

Beberapa aplikasi ini menggunakan data dari sumber terpercaya seperti World Health Organization (WHO) yang tersedia untuk publik untuk membuat dashboard atau peta real-time.

Seorang developer mengatakan pegawai Apple menjelaskan kepadanya bahwa sesuatu yang terkait virus corona harus dikeluarkan oleh organisasi kesehatan resmi atau pemerintah. Pengembang lain mendapatkan respons bahwa aplikasi tentang informasi kesehatan harus didaftarkan oleh institusi resmi.

Keputusan Apple untuk mencegah masuknya aplikasi terkait corona ditujukan untuk mencegah tersebarnya hoax dan misinformasi. Pencekalan ini sepertinya berhasil karena hasil pencarian hanya menampilkan beberapa aplikasi tentang virus corona dan tidak terlihat adanya spam.

Saat mencari kata kunci 'coronavirus' di App Store, hasil pencarian pertama yang muncul ada iklan berbayar tentang situs berita. Selanjutnya ada aplikasi berisi panduan dari Kementerian Kesehatan Brazil.

Hasil pencarian ketiga adalah aplikasi live wallpaper. Aplikasi keempat adalah game tentang epidemi mirip Plague Inc.

Sedangkan untuk kata kunci 'COVID 19', hasil pencarian teratas menunjukkan aplikasi pelacak virus dari developer Healthlynked dengan peta dan figur dari WHO yang memperlihatkan lokasi kasus positif COVID-19.

Kebijakan Apple ini mengikuti langkah Google yang menyembunyikan hasil pencarian dengan kata kunci tertentu di Play Store. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah penyebaran misinformasi virus corona di kalangan pengguna Android.

Sejauh ini kata kunci yang hasil pencariannya disembunyikan adalah 'coronavirus' dan COVID-19', baik di aplikasi Play Store maupun play.google.com. Pencarian dengan kata kunci tersebut akan menampilkan pesan 'no results found', baik di bagian aplikasi ataupun game.



Simak Video "Apple Sediakan Screening Gejala Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)