Hal-hal yang Terjadi Kalau Kamu Hapus WhatsApp

Hal-hal yang Terjadi Kalau Kamu Hapus WhatsApp

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 19 Feb 2020 07:15 WIB
SAN ANSELMO, CALIFORNIA - MAY 14: The WhatsApp messaging app is displayed on an Apple iPhone on May 14, 2019 in San Anselmo, California. Facebook owned messaging app WhatsApp announced a cybersecurity breach that makes users vulnerable to malicious spyware installation iPhone and Android smartphones. WhatsApp is encouraging its 1.5 billion users to update the app as soon as possible.  (Photo Illustration by Justin Sullivan/Getty Images)
Hal-hal yang Terjadi Kalau Kamu Hapus WhatsApp. Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Meski bermanfaat dalam banyak hal, WhatsApp terkadang juga sering menyebalkan. Tidak heran, ketika sudah tidak tahan dengan penyebaran hoax misalnya, privasi merasa terganggu, atau sering dapat pesan dari orang-orang tidak dikenal, ada orang-orang yang terpikir untuk uninstal dan menghapus akun WhatsApp karena malas menggunakannya lagi.

Menghapus WhatsApp mungkin perkara gampang. Tapi pernahkah kamu terpikir, apa yang akan terjadi ketika kalian hapus WhatsApp? Beberapa hal ini jawabannya.

History dan backup pesan

Menghapus WhatsApp akan menghapus semua record chat di ponsel. Kamu tidak akan bisa lagi membuka WhatsApp dan mengakses pesan yang sudah diterima sebelumnya. Bahkan, backup pesan di iCloud (untuk iPhone) dan Google Drive (di Android) juga akan dihapus. Kamu tidak bisa mengembalikannya ketika mengaktifkan lagi akun WhatsApp.

Pesan yang sudah diterima

Karena akun kamu tidak ada di WhatsApp, orang lain pun tidak bisa mengirim pesan. Namun, jika thread obrolan ada di WhatsApp orang-orang tersebut, mereka bisa mengirim pesan ke kamu. Tapi, pesan itu hanya akan terlihat centang satu di WhatsApp si pengirim, sedangkan kamu tentu saja tidak bisa menerima pesan-pesan tersebut.

Grup WhatsApp

Apa yang terjadi dengan grup WhatsApp? Kamu akan otomatis terhapus dari semua grup WhatsApp yang diikuti. Dan ketika itu terjadi, orang lain di dalam grup akan melihat notifikasi kamu meninggalkan grup.

Kalau kamu yang membuat grup WhatsApp, maka kamu tidak akan lagi menjadi admin grup tersebut. Dan anggota lain dalam grup akan dipilih secara acak menjadi admin pengganti jika tidak ada admin lain.

Foto profil dan about

Karena keduanya disimpan di server WhatsApp, gambar profil dan tentang (about) kamu pun akan dihapus dari WhatsApp. Tapi itu tidak berarti foto profil kamu juga terhapus dari ponsel. Jangan khawatir, foto profil hanya akan menghilang di WhatsApp dan akan tetap tersimpan di ponsel selama kalian menyimpannya.

Settings

Karena akun WhatsApp kamu tak lagi eksis, settings atau pengaturan WhatsApp juga akan dihapus. Perubahan apapun yang kamu buat pada pengaturan, akan kembali ke pengaturan asli alias default ketika kamu mengaktifkan lagi akun WhatsApp.

Foto dan video

Di Android, jika WhatsApp kamu diatur untuk mendownload foto dan video secara otomatis, konten tersebut akan tetap ada di ponsel selama kamu menyimpannya. Kamu bisa mengaksesnya lewat aplikasi gallery di dalam folder WhatsApp. Kalau WhatsApp kamu tidak mendownloadnya secara otomatis, foto dan video tersebut akan hilang dari WhatsApp.

Hampir serupa dengan Android, untuk pengguna WhatsApp di iPhone, ketika mendownoad foto dan video dari WhatsApp, konten ini akan tetap ada di server WhatsApp. Kamu perlu mendownloadnya secara manual ke ponsel dengan tap tombol save. Kalau kamu belum menyimpannya, kalian akan kehilangan semua foto dan video tersebut setelah hapus WhatsApp. Tapi kalau kamu sudah ke ponsel, tentu saja foto dan video-video di WhatsApp masih bisa dilihat lewat Apple Photos atau aplikasi gallery lainnya di iPhone.

Payment History

Di beberapa negara, WhatsApp sudah mendukung pembayaran digital. Buat pengguna yang menggunakan layanan ini, payment history akan terhapus. Si pengguna juga harus mengkoneksikan ulang akun bank mereka ke WhatsApp ketika mengaktfikan lagi WhatsAppnya.

Ketika mengaktifkan lagi akun WhatsApp

Kamu tentu saja bisa mengaktifkan lagi akun WhatsApp yang sudah dihapus menggunakan ponsel yang sama. Meski demikian, seperti sudah disebutkan sebelumnya, kamu harus memulai semuanya dari awal sebagai pemegang akun baru. Apa pun yang sudah dihapus tidak akan kembali.

Ini akan seperti membuat akun WhatsApp baru dengan nomor ponsel yang sama, kamu juga harus mengatur lagi settings, dan lain-lain, serta bergabung lagi dengan grup yang dulu ditinggalkan. Ketika kamu mengaktifkan kembali WhatsApp, kamu akan secara otomatis muncul di daftar kontak WhatsApp dari semua orang yang telah menyimpan nomor kamu.

Kesimpulannya, hal-hal berikut ini akan terjadi jika kamu hapus WhatsApp:

  • Semua chat thread akan hilang
  • Backup cloud iCloud dan Google Drive akan dihapus
  • Kamu akan terhapus dari grup WhatsApp
  • Kamu tidak lagi menjadi admin grup WhatsApp
  • Info akun dan foto profil hilang
  • Payment history dan akun bank yang terkoneksi terhapus
  • Pengaturan WhatsApp akan terhapus semua.
(rns/rns)