Selasa, 08 Jan 2019 10:11 WIB

Tips & Trik

Yuk Atur Filter Komentar Instagram

Kris Fathoni W - detikInet
Buat yang belum tahu, yuk atur filter komentar Instagram (Foto: GettyImages) Buat yang belum tahu, yuk atur filter komentar Instagram (Foto: GettyImages)
Jakarta - Instagram sudah memiliki fitur filter/penyaring komentar, salah satunya untuk menangkal bullying dan ujaran kebencian. Buat yang belum tahu, ini cara mengaturnya.

Fitur tersebut pada dasarnya sudah diperkenalkan Instagram sejak Oktober 2016. Tapi komentar yang bisa difilter dalam feed saat itu baru dalam bahasa Inggris.




Pada prosesnya perluasan fitur untuk sejumlah bahasa terus dilakukan oleh Instagram. Sejak akhir tahun lalu, fitur penyaring komentar itu pun sudah mendukung bahasa Indonesia.

Nah, apakah fitur filter/penyaring komentar itu sudah aktif di akun Instagram-mu? Begini cara mengeceknya, sekaligus melihat pengaturan lain yang bisa kamu lakukan untuk melakukan filter komentar lebih jauh.




Pertama-tama kamu harus mengakses profil akun Instagram-mu. Setelah itu ketuk garis tiga di kanan atas untuk mengakses Settings (Pengaturan). Dari situ kamu tinggal memilih Comment Control (Kontrol Komentar).

Yuk Atur Filter Komentar InstagramAtur Filter Komentar Instagram

Di bagian Kontrol Komentar itu ada Hide Offensive Comments yang jika diaktifkan bakal bekerja untuk menyaring komentar-komentar seperti ujaran kebencian dan bullying.


Yuk Atur Filter Komentar InstagramAtur Filter Komentar Instagram

Kamu juga bisa menyaring sejumlah kata secara manual jika mengaktifkan Manual Filter. Aktifasi Manual Filter itu turut memunculkan opsi lain yakni menyembunyikan kata-kata tertentu yang sering dilaporkan (Filter Most Reported Words).

Dan jika ada orang tertentu yang komentarnya kamu rasa sering bikin "sakit mata", di bagian atas halaman Kendali Komentar ini ada pula opsi Block Comments From... agar komentar-komentar orang tertentu itu tak lagi kelihatan.

Yuk Atur Filter Komentar InstagramAtur Filter Komentar Instagram

(krs/vim)