Pakai HP Saat Nyopir Ditilang, Bagaimana Kalau Macet?

Pakai HP Saat Nyopir Ditilang, Bagaimana Kalau Macet?

- detikInet
Rabu, 14 Mei 2008 15:36 WIB
Jakarta - Polisi mewacanakan akan menilang pengendara mobil yang menggunakan HP saat menyetir. Bagaimana jika pengemudi menggunakan HP saat macet? Polisi belum menemukan formulanya, apakah kena sanksi atau tidak.

"Ini yang memang kita tengah pikirkan, bagaimana kalau macet? Sebab akan banyak persepsi boleh atau tidak," kata Kasi Kecelakaan Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Irvan Prawira saat dihubungi detikcom, Rabu (14/5/2008).

Irvan mengatakan, inti dari kebijakan ini adalah untuk mengurangi angka kecelakaan akibat menggunakan HP baik itu lewat SMS ataupun menelepon. Walaupun memang diakuinya saat ini belum terlalu signifikan tingginya kecelakaan karena menggunakan HP.

"Ini kan masih wacana, apakah dari 2.000 kecelakaan dan yang 5 disebabkan oleh HP bisa dijadikan alasan pelarangan ini," ujarnya.

Namun, kata Irvan, banyak masyarakat yang setuju jika peraturan ini diterapkan. Sebab, banyak yang emosi dengan ulah pengendara yang menelepon saat mengendarai mobil. "Saya saja kalau naik taksi kesal jika sopir menelepon. Atau orang mengendarai mobilnya di lajur kanan secara perlahan karena tengah menelepon," ucap Irvan.

Irvan mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan piranti lunaknya dalam hal ini aturannya. "Apakah hakim dan jaksa setuju dengan aturan ini. Nanti akan kita bicarakan, kalau mereka setuju ya kita jalan," kata Irvan.

Selain itu, bagaimana dengan UU Lalu Lintasnya? Menurut dia, dalam UU Nomor 14 tahun 1992 tentang Lalu Lintas, ada aturan yang bisa dipakai. "Ada pasal setiap pengendara harus mengendalikan kendaraannya dengan wajar atau pengendara memperhatikan keselamatan orang lain," tutur Irvan.

Jika aturannya sudah beres, baru dibicarakan teknis pelaksanaannya. Misalnya saja bagaimana kalau kacanya gelap. "Mungkin nanti kaca mobil tak boleh terlalu gelap," kata Irvan.

"Teknisnya ini yang masih harus dibicarakan, termasuk juga bagaimana kalau dalam keadaan macet. Boleh atau tidak menggunakan HP," tandasnya.


Bagaimana pendapat Anda mengenai wacana ini? Diskusikan di thread khusus di detikINET Forum.
(mar/dwn)