Cara Mudah Cek Sinyal Siaran TV Digital di Daerah Kalian

Cara Mudah Cek Sinyal Siaran TV Digital di Daerah Kalian

ADVERTISEMENT

Cara Mudah Cek Sinyal Siaran TV Digital di Daerah Kalian

Agus Tri Haryanto - detikInet
Selasa, 24 Jan 2023 07:45 WIB
Aplikasi siaran TV digital besutan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mengecek lokasi ketersediaan sinyal siaran TV digital di lokasi sekitar.
Aplikasi Sinyal TV Digital untuk mengungkapkan kekuatan sinyal di daerah kalian. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Siaran TV digital sudah menyebar di sejumlah daerah Indonesia. Bagi kalian yang ingin cek sinyal siaran TV digital bisa dilakukan dengan mudah, yuk simak caranya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) masih terus memperluas jangkauan Analog Switch Off (ASO), yang mana saat ini sudah dilakukan di 265 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota.

Adapun, lima wilayah siaran lagi tengah menjadi target berikut yang akan dilakukan migrasi TV analog ke digital, yakni Bali, Kalimantan Selatan-1, Sulawesi Selatan-1, Sumatera Selatan-1, dan Sumatera Utara-1.

Bagi yang sudah daerah yang sudah dilakukan ASO, detikers bisa melakukan cara cek sinyal siaran TV digital di wilayah kalian dengan menggunakan aplikasi Sinyal TV digital yang sudah tersedia di Play Store untuk perangkat berbasis Android dan App Store untuk perangkat yang sistem operasinya iOS.

Kominfo menyediakan aplikasi Sinyal TV digital ini untuk memudahkan masyarakat cek sinyal TV digital di wilayah sekitarnya. Tak hanya sekedar cek sinyal, aplikasi ini juga akan memberi informasi apakah lokasi kalian sinyal TV digital lemah, jelek, bahkan hilang.

Informasi tersebut ditandai dengan warna di dalam sebuah peta menandakan kekuatan sinyal TV digital di daerah kalian dengan warna, merah, kuning, hijau, biru, sampai putih. Namun sebelum itu, aplikasi ini akan meminta akses lokasi agar memudahkan lokasi sinyal TV digital.

Warna merah berarti sinyal siaran TV digital kuat, hijau dan kuning menandakan sinyalnya sedang, kemudian putih dan biru itu tidak kuat sinyalnya.

Cara Pemakaian Aplikasi Sinyal TV digital:

  • Download aplikasi sinyal TV digital di Google Play Store
  • Buka aplikasi dan izinkan untuk mengakses lokasi kalian
  • Tampilan aplikasi akan berubah sesuai lokasi
  • Tap ikon layer atau kotak bertumpuk di kanan atas, dekat ikon zoom in dan zoom out
  • Cek warna yang muncul pada peta. Sinyal terkuat adalah merah, sedangkan sinyal lemah berwarna putih

Setelah mengecek pakai aplikasi sinyal TV digital, pastikan perangkat televisi yang dimiliki sudah mendukung siaran tersebut yang dalam hal ini spesifikasinya Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestrial (DVB-T2).

Jika perangkat televisi detikers belum mendukung siaran digital alias masih TV analog, maka bisa dibantu dengan alat bernama Set Top Box (STB) yang harganya sekitar Rp 150 ribu - Rp 300 ribuan. Untuk rumah tangga miskin ekstrem penyelenggara mux dan Kominfo akan memberikan bantuan set top box gratis TV digital.

Siaran TV digital menawarkan sejumlah keunggulan yang tidak ada pada TV analog, mulai dari kualitas gambar lebih bersih, suara jernih, ada fitur sistem peringatan dini atau Early Warning System (EWS), hingga TV digital ramah keluarga karena penonton bisa membatasi program acara sesuai usia dengan teknologi parental lock, dan fitur Electronic Program Guide (EPG) untuk melihat kategori, jadwal, dan deskripsi acara.

Kendati lebih modern, untuk menjadi catatan perhatian bahwa siaran TV digital ini tidak menggunakan kuota internet, tidak bisa mengakses internet hingga YouTube, ataupun iuran bulanan seperti TV kabel.



Simak Video "Mahfud Md Sampaikan Daftar Stasiun TV yang Masih Bandel Siaran Analog"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT