Bikin Hemat! Satu Set Top Box Bisa Dipasang di Dua TV Analog

Bikin Hemat! Satu Set Top Box Bisa Dipasang di Dua TV Analog

ADVERTISEMENT

Bikin Hemat! Satu Set Top Box Bisa Dipasang di Dua TV Analog

Tim - detikInet
Sabtu, 21 Jan 2023 17:40 WIB
Ilustrasi Set Top Box
Rupanya set top box bisa dipakai di dua TV analog untuk dapat menangkap sinyal siaran TV digital. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Tak sedikit masyarakat yang di rumahnya memiliki dua pesawat televisi. Di saat ingin menonton siaran TV digital, apakah dapat menggunakan Set Top Box (STB) untuk dua TV analog?

Jawabannya, bisa. Sebuah kabar yang menggembirakan karena detikers bisa menghemat tentunya, karena tidak perlu memasang masing-masing satu STB.

Apalagi saat ini harga set top box TV digital di sejumlah daerah sering dijumpai dibanderol dengan harga mahal oleh pedagang. Begitu juga yang tersedia secara online.

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, rupanya satu STB bisa digunakan untuk dua TV analog yang belum mendukung teknologi Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestrial (DVB-T2).

Setiap port out atau jalur colokan yang nyambung ke TV yang ada di STB mengeluarkan sinyal digital. Sehingga Anda dapat memanfaatkan port tersebut untuk mengalirkan sinyal digital ke televisi di rumah.

Sebagai catatan, metode ini dapat dilakukan jika TV yang ada di rumah adalah TV tabung yang dihubungkan ke STB dengan kabel RCA, sedangkan satu lagi adalah jenis TV LED yang dihubungkan ke STB dengan kabel HDMI. Selain itu juga, sediakan kabel yang cukup panjang untuk dapat menghubungkan perangkat ke STB.

Berikut cara pasang STB di 2 TV Analog:

  1. Sambungkan kabel antena ke STB
  2. Lalu, colokkan kabel RCA (kabel berwarna merah, kuning, putih) ke STB, dan colokkan kabel lainnya TV tabung
  3. Sedangkan satu lagi, colokkan kabel HDMI dari TV LED ke STB


Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memperluas cakupan wilayah yang terdampak dimatikannya siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) dalam waktu dekat.

Sejauh ini, pelaksanaan ASO tersebut baru dilakukan di 265 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota. Pemerintah terus mengejar digitalisasi penyiaran di 249 kabupaten/kota lainnya.

Adapun belum lama ini, Kominfo menyebutkan ada wilayah siaran yang akan dilakukan migrasi TV analog ke digital, yakni Bali, Kalimantan Selatan-1, Sulawesi Selatan-1, Sumatera Selatan-1, dan Sumatera Utara-1.

Bagi masyarakat yang masih berjenis TV analog, maka perlu menggunakan alat tambahan bernama STB yang tersedia di harga sekitar Rp 150 ribu sampai Rp 300 ribuan.

Sedangkan untuk kelompok rumah tangga miskin ekstrem, maka akan mendapat bantuan set top box gratis yang bersumber dari penyelenggara multipleksing dan Kominfo.



Simak Video "Mahfud Md Sampaikan Daftar Stasiun TV yang Masih Bandel Siaran Analog"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT