Menkominfo Akan Terus Bangun BTS 4G dan Luncurkan 2 Satelit Internet

Menkominfo Akan Terus Bangun BTS 4G dan Luncurkan 2 Satelit Internet

ADVERTISEMENT

Menkominfo Akan Terus Bangun BTS 4G dan Luncurkan 2 Satelit Internet

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 05 Jan 2023 19:30 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate
Menkominfo Johnny G. Plate. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengungkapkan yang akan menjadi fokus Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di tahun 2023.

Pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G di berbagai wilayah Indonesia terus dikejar sampai proyek besar peluncuran dua satelit internet.

"Kalau di 2023 ini pipeline pembangunan fisik di Kominfo itu ada beberapa, meneruskan infrastruktur dari hulu telekomunikasi oleh Bakti Kominfo di situ ada fiber optik, base transceiver station (BTS), hingga satelit," kata Menkominfo saat meninjau proyek Pusat Data Nasional (PDN) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, kemarin.

"Karena di tahun 2023 ini akan diluncurkan dua satelit, yaitu Satria-1 dan Hot Backup Satellite, itu kuartal kedua tahun ini (jadwal peluncurannya-red), sehingga diharapkan dia bisa beroperasi di akhir tahun 2023 itu sudah mulai berfungsi," sambungnya.

Hot Backup Satellite (HBS) yang akan lebih dahulu diluncurkan. Satelit yang menelan investasi Rp 5,2 triliun itu dirakit oleh Boeing dan diluncurkan menggunakan roket SpaceX di Amerika Serikat (AS).

Adapun proyek satelit HBS yang merupakan satelit cadangan dari satelit Satria-1 diagendakan mengangkasa pada kuartal kedua, tepatnya Mei 2023.

Lalu, satelit Satria-1 yang adalah satelit pemerintah pertama akan meluncur sekitar Juni atau Juli 2023. Satelit berkapasitas 150 Gbps ini akan membantu pemerataan akses internet sampai 150 ribu titik.

Fokus lainnya Pusat Data Nasional (PDN) pertama dari total empat yang direncanakan. PDN pertama ini berada di kawasan Deltamas, Kabupaten Bekasi, yang sudah dilakukan groundbreaking pada November dengan target selesai pembangunannya pada 20 Oktober 2024.

"Tahun 2023 ini penting sekali karena dasar-dasarnya itu di tahun 2023," kata Johnny.

Kemudian, Kominfo akan merampungkan proyek Balai Besar Pusat Pengujian Telekomunikasi (BBPPT) di Tapos, Depok, Jawa Barat. Fasilitas pengujian alat dan telekomunikasi itu diklaim yang terbesar di kawasan Asia Tenggara.

"Mudah-mudah kuartal pertama ini sudah bisa diserahterima gedungnya dan peralatannya sudah mulai dipasang. Balai pengujian ini yang terbesar di ASEAN, kita harapkan selesai 2023 ini," kata Johnny.

Pengembangan talenta digital juga jadi fokus Kominfo melalui program literasi digital, digital talent scholarship, digital leaders academy, untuk melahirkan SDM berkualitas untuk mendukung dalam pertumbuhan ekonomi digital Indonesia di masa mendatang.



Simak Video " Soal Isu Mundurnya Johnny G. Plate Sebagai Menkominfo"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT