Kok Bisa Sinyal Siaran TV Digital Patah-patah?

Kok Bisa Sinyal Siaran TV Digital Patah-patah?

ADVERTISEMENT

Kok Bisa Sinyal Siaran TV Digital Patah-patah?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Rabu, 14 Des 2022 12:15 WIB
TV digital
Siaran TV Digital sedikit demi sedikit terus diperluas oleh Kementerian Kominfo. Namun rupanya saat menonton siaran digital, kok sinyal patah-patah atau freeze. Foto: Internet
Jakarta -

Siaran TV Digital sedikit demi sedikit terus diperluas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Namun rupanya saat menonton siaran digital, kok sebagian ada yang mengalami sinyal patah-patah atau freeze?

Bila detikers mengalami kejadian tersebut, Kominfo menyebutkan ada tiga penyebab sinyal siaran TV digital patah-patah.

Pertama, bisa saja alasannya adalah karena konektor antena. Jadi, pastikan lagi bahwa konektor antena yang disambungkan ke televisi itu tidak dalam kondisi kabel tidak rusak.

Kedua, tinggikan serta arahkan antena UHF ke lokasi transmisi Transmisi Digital sesuai aplikasi Sinyal TV Digital. Kegunaan dari aplikasi ini untuk mengetahui jarak tempat tinggal kalian dengan pemancar, kemudian diarahkan antenanya ke pemancar itu

Adapun aplikasi tersebut bisa diunduh di Play Store untuk pengguna smartphone Android dan iOS untuk perangkat yang berbasis iOS.

Ketiga, detikers juga pastikan antena tidak terlindungi atau terhalangi oleh bangunan dan pohon di sekitarnya. Sebab, itu salah satu faktor sinyal siaran TV digital patah-patah.

Pelaksanaan penghentian siaran TV analog dan digantikan TV digital atau Analog Switch Off (ASO) ini tertuang dalam Undang-Undang Cipta Kerja yang disahkan pada dua tahun lalu dan paling lambat diterapkan pada 2 November 2022.

Hanya saja pada pelaksanaannya di 2 November, penghentian siaran TV analog dilakukan di 132 wilayah siaran atau 230 kabupaten/kota dari total 225 wilayah siaran di Indonesia.

Namun seiring itu, migrasi TV analog ke digital itu terus merambah ke wilayah lainnya, Bandung dan sekitarnya, Yogyakarta-Solo dan sekitarnya, Semarang dan sekitarnya, Batam dan sekitarnya, terbaru Surabaya dan sekitarnya pada 20 Desember 2022 mendatang.

Bagi masyarakat di wilayah terdampak ASO, ada baiknya mempersiapkan diri untuk beralih ke siaran TV digital. Terutama, bagi yang masih memiliki TV analog untuk membekali dengan perangkat bernama set top box.

Cara Pindah dari TV analog ke TV digital:

  • Pastikan di daerahmu sudah terdapat siaran TV digital. Untuk mengetahuinya bisa unduh aplikasi Sinyal TV Digital di Play Store maupun App Store
  • Gunakan antena biasa, baik yang dipasang luar rumah atau di dalam rumah
  • Pastikan bahwa pesawat televisi sudah dilengkap penerima siaran TV digital DVB-T2
  • Jika televisi detikers analog, maka bisa diakali dengan menggunakan alat tambahan bernama set top box
  • Setelah perangkat televisi tersambung, pilih opsi pengaturan/setting
  • Pilih auto scan untuk memindah program siaran TV digital



Simak Video "Mahfud Md Sampaikan Daftar Stasiun TV yang Masih Bandel Siaran Analog"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT