TV Analog Surabaya dan Sekitarnya Kiamat 20 Desember

TV Analog Surabaya dan Sekitarnya Kiamat 20 Desember

ADVERTISEMENT

TV Analog Surabaya dan Sekitarnya Kiamat 20 Desember

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 09 Des 2022 11:15 WIB
Petugas melayani warga untuk mendapatkan set top box gratis di Posko Respon Cepat Penanganan bantuan STB di Hotel Akmani, Jakarta Pusat, Kamis (3/11/2022). Posko ini didirikan untuk membantu warga yang kurang mampu membeli set top box untuk siaran digital.
TV Analog Surabaya dan Sekitarnya Kiamat 20 Desember. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Setelah wilayah siaran Bandung, Semarang, Yogyakarta-Solo, dan Batam, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan kembali mematikan siaran TV analog yang akan menyasar Surabaya dan sekitarnya.

Wilayah siaran Surabaya dan sekitarnya ini akan dilakukan penghentian siaran TV analog dan digantikan ke TV digital atau Analog Switch Off (ASO) pada 20 Desember 2022 mendatang atau sekitar 11 hari lagi.

"Lembaga penyiaran bersepakat melaksanakan penghentian siaran analog ke siaran tv digital pada tanggal 20 Desember 2022 pukul 24.00 untuk wilayah Jawa Timur-1," ujar Dirjen IKP Kementerian Kominfo, Usman Kansong dalam keterangan tertulisnya.

Adapun, distribusi set top box (STB) gratis untuk keluarga miskin di Jawa Timur-1 tersebut diklaim sudah mencapai 100% sebelum tanggal 20 Desember 2022.

Disampaikan Usman, Kominfo menyambut baik kesepakatan lembaga penyiaran menghentikan siaran TV analog pada 20 Des 2022 pukul 24.00 WIB. Kominfo juga menyambut baik komitmen Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel) yang merupakan asosiasi vendor STB dan TV digital menjamin ketersediaan STB dipasaran dengan harga terjangkau.

Kominfo mengimbau agar masyarakat di Jawa Timur-1 yang memiliki TV analog untuk melengkapi dengan STB dari sekarang agar pada saat dilakukan migrasi TV analog ke digital nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Berikut ini adalah daftar wilayah layanan Jawa Timur-1 yang akan diterapkan ASO:

1. Kabupaten Pasuruan
2. Kabupaten Sidoarjo
3. Kabupaten Mojokerto
4. Kabupaten Jombang
5. Kabupaten Lamongan
6. Kabupaten Gresik
7. Kabupaten Bangkalan
8. Kota Pasuruan
9. Kota Mojokerto
10. Kota Surabaya

[Gambas:Youtube]



(agt/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT