Menkominfo: Kiamat TV Analog 2 November, Tapi...

Menkominfo: Kiamat TV Analog 2 November, Tapi...

ADVERTISEMENT

Menkominfo: Kiamat TV Analog 2 November, Tapi...

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 24 Okt 2022 14:00 WIB
Ilustrasi STB TV Digital, Set Top Box ini sebagai dibutuhkan sebagai alat untuk mengalihkan tv analog ke digital. STB juga akan diberikan gratis oleh pemerintah untuk masyarakat miskin.
Menkominfo: Kiamat TV Analog 2 November, Tapi...Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, menyatakan dimatikannya TV analog atau Analog Switch Off (ASO) akan dilaksanakan sesuai jadwal, yaitu 2 November 2022. Akan tetapi dalam kebijakan terbaru, ASO tidak dilakukan serentak di tanggal itu, melainkan secara bertahap.

"Dapat kami sampaikan dari 514 kabupaten kota di Indonesia, yang akan dilakukan ASO saat ini pada 2 November, yaitu 8 kota dan kabupaten di 4 wilayah siaran, telah dilaksanakan ASO pada bulan April yang lalu," kata Menkominfo dalam konferensi pers di YouTube, Senin (24/10/2022).

Sedangkan Jabodetabek yang terdiri dari 9 kabupaten dan kota, akan dilaksanakan ASO pada 2 November 2022 bersama 173 kabupaten kota non terrestrial atau yang tidak ada layanan televisi terrestrial. Sedangkan kota dan kabupaten sisanya akan menyusul sesuai kesiapan masing-masing wilayah.

"Dengan demikian ada 222 kabupaten kota yang total ASO (di 2 November-red) dan masih terdapat 292 kabupaten kota yang akan kita lakukan ASO sesuai kesiapan kesiapan wilayah," cetus Menkominfo.

Dari infrastruktur, masih akan disempurnakan dalam hal distribusi set top box televisi digital. Sejauh ini khusus di Jabodetabek, set top box sudah disalurkan kepada 479 ribu keluarga yang dikategorikan miskin. Dengan demikian, distribusi mencapai 98,44% di mana pemerintah menyiapkan 76% dan televisi swasta 24%.

"Dengan demikian kita harapkan pelaksanaan ASO pada 2 November di Jabodetabek bisa berjalan dengan baik. Selanjutnya kami akan meneliti ASO untuk wilayah kabupaten kota untuk segera ASO sesuai kesiapan wilayah masing-masing," papar Menkominfo.

Pada saat ASO Jabodetabek, pemerintah akan menyiapkan posko di mana jika nanti ada televisi masyarakat belum bisa menerima siaran digital karena belum mendapat set top box, maka maka Kominfo akan melayaninya, khususnya untuk masyarakat miskin. Namun untuk masyarakat menengah yang televisinya belum memenuhi standar televisi digital, diminta untuk segera memasang set top box.

Menkominfo mengharapkan pada saat siaran Piala Dunia November mendatang, masyarakat sudah bisa menyaksikannya melalui televisi digital. Senada dengan Menkominfo, Menkopolhukan Mahfud MD menyebut ASO akan dilakukan 2 November dan dilakukan secara bertahap karena masih ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.



Simak Video "Hitung Mundur Siaran TV Analog Dimatikan"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT