Akses PayPal Dibuka Sementara, Kominfo: Manfaatkan untuk Migrasi

ADVERTISEMENT

Akses PayPal Dibuka Sementara, Kominfo: Manfaatkan untuk Migrasi

Anggoro Suryo - detikInet
Minggu, 31 Jul 2022 09:37 WIB
Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan. Foto: Agus Tri Haryanto/detikcom
Jakarta -

Setelah ramai diprotes, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka sementara akses ke PayPal.

Hal ini diutarakan oleh Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan dalam konferensi pers yang digelar Minggu (31/7/2022). Menurutnya, langkah ini diambil Kominfo setelah mendengarkan masukan dari masyarakat, karena PayPal banyak digunakan oleh masyarakat.

"Untuk itu kami menerapkan kebijakan baru kami membuka sementara per jam 8 tadi pagi tadi, mungkin sekarang sudah bisa diakses kembali, paling lambat nanti jam 10," jelas Semmy, sapaannya.

"Kami harapkan, kami membuka untuk memberikan kesempatan masyarakat untuk melakukan migrasi agar uangnya tidak hilang. Karena sampai saat ini kami belum berhasil menghubungi PayPal," tambahnya.

Semmy mengharapkan masyarakat memanfaatkan betul kesempatan yang berlaku selama lima hari kerja ini untuk memigrasi dananya dari PayPal.

Sebelumnya diberitakan, blokir terhadap Steam, Epic Games, Dota hingga PayPal membuat heboh di Indonesia dan sangat ramai di media sosial. Menkominfo Johnny G Plate menegaskan blokir hanya sementara.

"Agar lebih tertib dan diblokir sementara," kata Johnny kepada media di San Francisco di sela kunjungan kerja, Sabtu (30/7/2022) waktu Indonesia.

Pemerintah seperti disampaikan Johnny masih memberikan kesempatan kepada platform tersebut dengan mengajukan normalisasi atau pencabutan pemblokiran. Caranya dengan menyelesaikan pendaftaran PSE Lingkup Privat.

Pendaftaran PSE Lingkup Privat ini diatur dalam PP No 71/2019 tentang Penyelenggara Sistem dan Transaksi Elektronik, serta Pemenkominfo No 5/2020 tentang Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Dari 100 platform digital dengan trafik tertinggi di Indonesia untuk duluan mendaftar PSE Lingkup Privat, tinggal delapan yang masih absen hingga diblokir Kominfo. Mereka adalah Yahoo search engine atau mesin carinya, Steam, Dota2, Counter-Strike, Epic Games, Origin.com, Xandr.com, dan PayPal.



Simak Video "Kominfo Dibully Netizen Gegara Blokir Steam, Begini Reaksi Dirjen Aptika"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT