Mudah, Begini Cara Pasang Set Top Box TV Digital

ADVERTISEMENT

Mudah, Begini Cara Pasang Set Top Box TV Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 23 Jul 2022 08:45 WIB
Pemerintah mewanti-wanti masyarakat untuk bersiap migrasi ke TV digital. Set top box (STB) untuk migrasi ke TV digital pun sudah mulai marak dijual di toko elektronik.
Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Bagi kalian para pemilik TV analog, tentunya membutuhkan set top box (STB) untuk dapat menikmati siaran TV digital. Nah, ini ada langkah mudah pasang set top box di TV Analog.

Siaran analog di Indonesia sedang menuju fase akhir hayatnya. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah melakukan migrasi TV analog ke digital atau dikenal dengan istilah Analog Switch Off (ASO).

Proses suntik mati TV analog tersebut sudah berlangsung sejak 30 April lalu dan akan berakhir total pada 2 November 2022. Itu artinya, masyarakat mesti bersiap-siap sejak sekarang untuk beralih ke siaran digital.

Adapun saat ini, sudah tersedia siaran simulcast, yang mana siaran TV analog dan TV digital dilakukan secara bersamaan dalam satu waktu. Kesempatan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk jajal siaran digital.

Tidak perlu membeli perangkat televisi baru untuk merasakan kemewahan siaran TV digital, seperti gambar bersih, suara jernih, teknologi canggih: mulai dari informasi peringatan dini ketika terjadinya bencana alam di sekitar masyarakat atau Early Warning System (EWS). TV analog masih bisa dipakai ketika siaran digital mengudara.

"Tidak berarti TV tabung tidak bisa menerima digital, bisa (menerima siaran TV digital) asal dipasang set top box," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Sebelum memasang set top box TV digital ini, detikers pastikan terlebih dahulu apakah di daerah kalian sudah tersedia siaran TV digital. Cara mengetahuinya, bisa menggunakan aplikasi Sinyal TV Digital yang tersedia di Play Store dan App Store.

Cara pasang set top box TV digital dengan mudah:

  1. Pastikan membeli STB yang sudah tersertifikasi Kominfo.
  2. Buka kemasan STB, yang biasanya isinya terdapat remote, adaptor, kabel RCA (berwarna merah, kuning, putih), kartu garansi, dan buku panduan.
  3. Pindahkan kabel antena yang terpasang di TV ke perangkat STB.
  4. Pasangkan juga kabel RCA di TV yang terhubung ke STB.
  5. Setelah itu, menyalakan TV dan STB.
  6. Kemudian masuk ke setting dan pilih HDMI. Kalau TV kalian tidak ada HDMI, maka pilih menu AV.
  7. Lalu pilih menu pencarian saluran dan secara otomatis akan mendeteksi siaran TV digital



Simak Video "Wilayah Jabodetabek Siap-siap Migrasi TV Analog ke Digital"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT