Tidak Ada Jalan untuk Ulasan Julid dan Kasar di Google!

Tidak Ada Jalan untuk Ulasan Julid dan Kasar di Google!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 14 Jun 2022 18:14 WIB
cyber bullying concept. people using notebook computer laptop for social media interactions with notification icons of hate speech and mean comment in social network
Tidak Ada Jalan untuk Komen Julid dan Kasar di Google! (Foto: Getty Images/iStockphoto/asiandelight)
Jakarta -

Memberikan review negatif, kritikan atau keluhan, itu sah-sah saja diberikan pada review atau ulasan di Google asalkan tetap sesuai aturan. Tapi jangan coba-coba sekadar melampiaskan sumpah serapah, atau malah black campaign. Google akan bertindak.

Google tidak akan tinggal diam dengan komentar atau review julid dan yang hanya memberi negative vibes. Buat kamu yang masih nekat menuliskan komentar tidak baik, siap-siap dihapus komentarnya!

Sesuai komitmen ini, sudah ada monitoring ketat dari Google. Tercatat ada lebih dari 95 juta review yang sudah dihapus pada 2021. Ditambah, 190 juta foto dan 5 juta video juga disingkirkan karena tidak sesuai dengan aturan Google.

Pavithra Kanakarajan Group Product Manager Google Maps menjelaskan hal ini di acara 'Decode: Business Profile and Reviews', Selasa (14/6/2022).

"Ada aturan yang Google miliki untuk menentukan apakah sebuah komentar diperbolehkan atau tidak. Aturan ini dilengkapi operator manusia dan kita butuh juga bantuan teknologi," kata Kanakarajan.

Setelah komentar diizinkan untuk tampil, Google juga akan terus memonitor. Info tambahan seperti bantuan dari flagged content bisa membuat Google akan menjalankan pengamatan lebih lanjut soal konten tersebut. Google juga akan menambah proteksi proaktif terutama pada event-event besar contohnya Olimpiade kemarin.

"Apapun yang menyalahi, termasuk untuk meningkatkan statistik yang mereka punya, itu juga tidak boleh. Kami ingin ini menjadi tempat yang ramah keluarga. Misinformasi juga termasuk, pada dasarnya Google sudah ada aturannya," tambahnya.

Setiap tahunnya ada lebih dari jutaan review yang dituliskan oleh pengguna Google. Review adalah salah satu bagian terpenting yang selalu didukung oleh Google. Tidak hanya untuk mendukung bisnis yang ada, informasi di Google termasuk review pun bisa menjadi nilai tambahan yang memberikan manfaat bagi penggunanya.



Simak Video "Anak Google di Rusia Terancam Bangkrut"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)