3 Alasan KTT G20 Penting Untuk Masyarakat Indonesia

3 Alasan KTT G20 Penting Untuk Masyarakat Indonesia

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 07 Apr 2022 13:19 WIB
Maudy Ayunda Paparkan Strategi KTT G20 untuk Anak Muda
3 Alasan KTT G20 Penting Untuk Masyarakat Indonesia (Foto: Panji Saputro/detikcom)
Jakarta -

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, menjadi penting bagi masyarakat di Tanah Air. Ada tiga hal yang menjadi alasannya.

Menurut Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), alasan pertama adalah fakta, bahwa G20 merupakan forum yang amat strategis. Forum ini menguasai 60% populasi dunia, 75% perdagangan global dan 80% PDB dunia berada.

"Kita bayangkan, seberapa pentingnya G20, jika dilihat dari kontribusinya terhadap perekonomian global," kata Dedy kepada detikINET, dalam acara Pengenalan dan Diskusi Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20, di Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Sehingga ia pun menegaskan, bahwa pada acara skala internasional ini, Indonesia memainkan peran penting. Di mana poin kedua, Dedy mengutarakan posisi G20 yang strategis.

"Ini mengisyaratkan, memberikan sinyal kepada dunia, bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia," ujar Dedy.

Karena menurutnya, meskipun sedang berada di tengah pandemi COVID-19, negeri ini masih bisa berkarya dan berkontribusi, untuk forum yang sangat besar. Hal itu menunjukkan resiliensi dan ketangguhan Indonesia.

"Kita harus berbangga sebagai masyarakat Indonesia. Bayangkan kita sedang dihantam oleh permasalahan global, tetapi bisa menyelenggarakan, hingga hari ini agenda-agenda berjalan dengan lancar," kata Dedy.

Lalu alasan ketiga, Dedy menekankan terkait maknanya untuk masyarakat lokal. Di mana dirinya mengacu pada tiga isu prioritas, yang dicanangkan Presiden Indonesia.

"Pertama arsitektur kesehatan global yang inklusif. Kedua transformasi berbasis digital. Ketiga transisi energi yang berkelanjutan," ungkap Dedy.

Ia menegaskan bahwa ketiga isu itu tidak hanya didasarkan pada kondisi global, tetapi juga kepentingan nasional. Karena menurut penuturan Dedy, ketika mendorong satu agenda di forum internasional, maka harus berdampak positif juga bagi masyarakat Indonesia.

*Anda kini bisa cek harga dan perbandingan smartphone terbaru di detikINET. Silakan klik DI SINI.



Simak Video "Kemungkinan Hadirnya Ukraina di G20 Usai AS Mengancam"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)