Ini Strategi Maudy Ayunda Kenalkan KTT G20 ke Anak Muda RI

Ini Strategi Maudy Ayunda Kenalkan KTT G20 ke Anak Muda RI

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 07 Apr 2022 12:21 WIB
Maudy Ayunda Paparkan Strategi KTT G20 untuk Anak Muda
Maudy Ayunda paparkan strategi KTT G20 untuk anak muda (Foto: Panji Saputro/detikcom)
Jakarta -

Indonesia, sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, resmi menunjuk Maudy Ayunda, sebagai juru bicara. Aktor multitalenta ini pun mengungkapkan, strategi komunikasi yang akan dilakukannya, untuk mengenalkan acara tersebut ke generasi muda.

"Jadi soal strategi komunikasi itu memang ada beberapa format yang sudah didiskusikan. Pastinya akan ada komunikasi setiap bulannya, setiap minggunya, di mana saya akan menjalankan agenda-agenda, terkait apa saja yang sudah didiskusikan, selama minggu terakhir," ujar Maudy, kepada detikINET dalam acara Pengenalan dan Diskusi Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 di Kantor Kominfo, Jakarta, Kamis (7/4/2022).

Maudy juga memaparkan tujuannya adalah menyampaikan dengan cara yang mudah dicerna. Dirinya juga akan menggunakan platform media sosial, agar tetap bisa bertemu dengan teman-teman milenial dan Generasi Z di area digital.

"Di mana mereka biasanya menghabiskan waktu di media sosial. Aku juga akan menggunakan itu, untuk komunikasinya," kata Maudy.

Ia juga mengungkapkan bahwa tantangan menjadi Juru Bicara Presidensi G20 Indonesia, yaitu keharusan juga dirinya mempelajari lebih dalam lagi terkait topik dan isu. Karena menurutnya, tugas lain yang diembannya, yakni mencerna mempelajari dan menyampaikan kembali.

"Jadi ini menjadi sesuatu tantangan yang sangat menarik," tambahnya.

Selain itu, Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), juga turut memberikan keterangan terkait Presidensi G20. Di mana ia menyampaikan dua tugas yang diharapkan dapat dilakukan Maudy.

Tugas pertama adalah menyampaikan informasi terkait pelaksanaan Kegiatan KTT G20 ini. Kedua, tugasnya adalah menyampaikan pertemuan-pertemuan yang sifatnya formal sepanjang tahun 2022 ini kepada masyarakat luas.

"Jadi selain agenda-agenda yang disampaikan, tetapi juga secara substansi. Jadi Maudy akan menyampaikan dua pokok tugas," kata Dedy.

Dipilihnya Maudy sebagai Juru Bicara Pemerintah dalam Presidensi G20 Indonesia, sebelumnya telah dibeberkan oleh Kominfo. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, telah mengungkapkan alasannya.

"Sebagai milenial, public figure diharapkan dapat menjangkau lapisan masyarakat luas, terutama generasi milenial dan generasi Z," ujar Menkominfo.

Pemilihannya pun didasari beberapa pertimbangan. Salah satunya latar belakang pendidikan dan penguasaan bahasa.

Seperti diketahui, G20 merupakan forum kerja sama multilateral, yang terdiri atas 19 negara dan Uni Eropa. Di mana merepresentasikan lebih dari 60% populasi dunia, 75% perdagangan global dan 80% PDB dunia.

Tujuan hadirnya G20 adalah untuk mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang dan inklusif. Membanggakannya, Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara, yang bergabung menjadi anggota.



Simak Video "Bumi Diprediksi Makin Panas hingga 5 Tahun ke Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)