Ibu Kota Nusantara Akan Jadi Smart Capital City dengan 5G

Ibu Kota Nusantara Akan Jadi Smart Capital City dengan 5G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 20 Jan 2022 22:36 WIB
Calon ibu kota baru diketahui bernama Nusantara. Keputusan tersebut berdasarkan pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ditetapkan dalam UU IKN.
Kominfo Bakal Bikin Jadi Kota Cerdas di IKN Nusantara. Foto: dok. screenshot
Jakarta -

Seiring disahkannya Undang-Undang Ibu Kota Negara (IKN), pemindahan ibu kota negara baru dari Jakarta ke Nusantara akan segera dilakukan. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun siap bikin IKN Nusantara menjadi kota cerdas dan tersedia jaringan 5G.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebutkan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan otoritas yang ditunjuk membangun tata kelola IKN Nusantara.

"IKN Nusantara itu nanti jadi ibu kota cerdas, smart capital city, ibu kota yang didukung infrastruktur TIK yang memadai dan baik," ujar Johnny di Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Kementerian Kominfo siap melakukan pembangunan infrastruktur layanan telekomunikasi untuk mendukung konektifitas dan implementasi sistem Smart City atau Kota Cerdas di IKN Nusantara.

Sampai saat ini, seperti disampaikan Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi secara terpisah, pihaknya tengah melaksanakan pemetaan kebutuhan kapasitas jaringan backbone maupun jaringan akses/last mile di IKN baru.

"Yang meliputi infrastruktur penunjang perangkat aktif dan perangkat pasif untuk implementasi layanan fixed broadband dan mobile broadband," ungkapnya.

Saat ini, Kominfo telah menyelesaikan desain infrastruktur jaringan telekomunikasi di IKN Nusantara berdasarkan masterplan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS).

Desain tersebut sesuai hasil koordinasi antara Kementerian Kominfo dengan pihak terkait dalam rangka penyiapan layanan telekomunikasi menggunakan teknologi 5G untuk mendukung layanan publik dan penerapan Smart City di IKN Nusantara.

"Pemanfaatan teknologi 5G pada IKN baru diharapkan mampu mengatasi kendala sistem Smart City berupa latency atau tertundanya layanan telekomunikasi yang berpotensi terjadi pada saat menggunakan teknologi 4G, sehingga penerapan sistem Smart City pada IKN baru dapat berlangsung dengan prima," tuturnya.

Dedy juga mengatakan Kementerian Kominfo melalui Bakti Kominfo juga akan membangun Palapa Ring Integrasi di tahun 2022-2024 untuk menunjang konektivitas internet di ragam wilayah Indonesia, termasuk dengan menghubungkan jalur eksisting Palapa Ring tengah ke titik IKN Nusantara melalui jalur kota Balikpapan.

Seperti proyek Palapa Ring sebelumnya, rencana pada proyek Palapa Ring Integrasi juga menggunakan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) yang telah berlanjut ke tahap rencana skema pembiayaan.

"Kominfo siap melakukan langkah-langkah strategis untuk mengoptimalkan pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan adopsi teknologi digital dalam menyambut Ibu Kota Negara baru, mewujudkan Visi Indonesia 2045, Kota Dunia Untuk Semua," pungkasnya.



Simak Video "SoftBank Batal Investasi, Bagaimana Nasib Pendanaan IKN?"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)