Apa itu Web3 yang Disebut Elon Musk dan Jack Dorsey

Apa itu Web3 yang Disebut Elon Musk dan Jack Dorsey

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 27 Des 2021 09:15 WIB
Ilustrasi koneksi internet
Apa itu Web3 yang Disebut Elon Musk dan Jack Dorsey. Foto: shutterstock
Jakarta -

Selain Metaverse, tokoh di bidang teknologi kini sering menyebut istilah Web3. Apa itu Web3 dan siapa saja yang pernah menyebutnya?

Web3 atau Web 3.0 adalah evolusi internet yang diprediksi blockchain, teknologi yang ada dibagi cryptocurrency atau Non-Fungible Tokens (NFT). Pada dasarnya, Web3 adalah pengembangan dari versi Web 1.0 dan Web 2.0.

Pada awal 2000-an, internet didominasi oleh konten kreator besar dan kebanyakan pengguna adalah konsumen. Perubahan pada Web 2.0 memungkinkan pengguna bisa menjadi pemain pada industri dengan membagikan konten mereka.

Web3 akan menjadi langkah selanjutnya. Pengguna bukan hanya pembuat konten, mereka juga bertanggung jawab atas platform tempat konten dibagikan. Entitas terpusat, seperti Facebook, Twitter, dan Google, akan digantikan oleh platform media sosial dan mesin pencari tanpa perusahaan di belakangnya.

Melansir IFL Science, mantan CEO Twitter Jack Dorsey pernah berbagi di media sosialnya bahwa pengguna tidak akan menjadi pemilik internet masa depan yang memungkinkan ini. Dia mengklaim bahwa pemodal ventura sudah berinvestasi dalam teknologi dan mereka yang akan memegang kendali.

"Anda tidak memiliki 'web3'. VC dan LP mereka melakukannya. Itu tidak akan pernah lepas dari insentif mereka. Ini pada akhirnya adalah entitas terpusat dengan label yang berbeda. Pahamilah apa yang Anda sedanghadapi..." tweet Dorsey pada 21 Desember.

Komentar lain datang dari Elon Musk, ketika miliarder itu turun ke Twitter untuk membahas ketidakpastian masa depan internet secara samar. Musk berpendapat, Web3 saat ini 'lebih banyak kata kunci pemasaran daripada kenyataan'.



Simak Video "Menengok Metaverse Fashion Week untuk Pertama Kalinya"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/afr)