15 Startup Studio Indonesia yang Digembleng Kominfo Masuk Tahap Akhir

15 Startup Studio Indonesia yang Digembleng Kominfo Masuk Tahap Akhir

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 19 Des 2021 20:30 WIB
Startup Studio Indonesia
Foto: Dok. SSI
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memperkenalkan 15 peserta Startup Studio Indonesia batch 3 ke para investor.

Ke-15 startup ini telah memasuki tahapan Milestone Day, puncak dari gelaran program inkubasi dan akselerasi Startup Studio Indonesia batch 3.

Sebagai informasi, Milestone Day adalah acara puncak dari program Startup Studio Indonesia, di mana tiap startup diberikan kesempatan untuk mempresentasikan bisnis dan pencapaiannya selama mengikuti program di depan stakeholder, seperti lembaga pemerintahan dan venture capital.

Koordinator Startup Digital, Kementerian Kominfo, Sonny Hendra Sudaryana mengatakan, fokus Kominfo lebih tajam di batch 3 ini untuk membantu startup mencari product-market fit (PMF).

"Tahap ini sangat krusial karena salah satu alasan utama startup tidak berkembang akibat gagal mengembangkan produk yang dibutuhkan pasar. Untuk mencapai tahap PMF ini, kami percaya bahwa metode pelatihan paling efektif adalah dengan sesi brainstorming intensif untuk mengupas seluk beluk setiap proses perancangan produk," ujar Sonny.

Pada batch 3 ini, terdapat 15 startup early stage yang terpilih mengikuti serangkaian inkubasi Startup Studio Indonesia, yaitu di antaranya AturKuliner, AyoBlajar, Bicarakan, Bolu, Eateroo, Finku, FishLog, Gajiku, Imajin, Keyta, KreatifHub, Powerbrain, Sgara, Soul Parking, Zi.Care.

Sebelum acara puncak ini, para startup yang lolos batch tersebut telah dikurasi sejak September. Setelah terpilih, startup akan diagnosis untuk memetakan pain point perusahaan masing-masing.

Sejak batch 1 sampai saat ini, antusiasme program besutan Kominfo terus meningkat yang dilihat dari jumlah pesertanya naik lima kali lipat di batch 3 dibandingkan dengan sebelumnya.

Dari sisi kualitas dan diversifikasi industri startup, Startup Studio Indonesia mengklaim kali ini lebih meningkat, yang mana peserta startup bergerak di isu-isu penting saat ini, mulai dari edukasi, kesehatan mental, perikanan, dan Internet of Things (IoT).

Startup Studio Indonesia hadir untuk memperkuat dan melengkapi program pemberdayaan gerakan nasional 1.000 Startup Digital dan Hub.id yang telah diluncurkan Kominfo. Startup Studio Indonesia dibentuk sejak 2020.

Lewat program ini, Kominfo menargetkan mencetak 150 startup digital pad 2024 yang mampu mengembangkan skala bisnisnya, dari segi jumlah pengguna, pendapatan, penyerapan tenaga kerja, pendanaan dari venture capital.

"Tentunya di batch 4 mendatang, kami menargetkan peserta yang lebih banyak dari berbagai daerah dan sektor, karena startup inovatif dan berpotensi semakin banyak bermunculan di Indonesia," ungkap Sonny.



Simak Video "Jerman Lirik Indonesia untuk Kerja Sama Bangun Startup"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)