Apple Berdamai dengan Qualcomm (Lagi)

Apple Berdamai dengan Qualcomm (Lagi)

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 15 Nov 2021 08:45 WIB
Customers walk into an Apple Store after Apples new iPhone XS and XS Max went on sale in Beijing, China September 21, 2018. REUTERS/Jason Lee
Foto: Jason Lee/Reuters
Jakarta -

Sejak 2017 Apple dan Qualcomm terus berseteru di Meja Hijau dengan bermacam gugatan. Namun kini mereka akhirnya berdamai (lagi).

Perdamaian keduanya itu terjadi di luar pengadilan, yaitu terkait petisi Apple yang meminta pembatalan paten tertentu milik Qualcomm. Masalah ini sudah terjadi selama bertahun-tahun, dan tak kunjung selesai meski keduanya sudah beberapa kali berdamai.

Sebelumnya Apple mempetisi badan paten Amerika Serikat (Patent Trial and Appeal Board) untuk membatalkan beberapa paten milik Qualcomm, yang menjadi kunci dari perseteruan antara kedua perusahaan tersebut.

Namun perdamaian ini membuat Apple tak bisa lagi melanjutkan petisi tersebut, yang mempertanyakan validitas paten milik Qualcomm, demikian dikutip detikINET dari Apple Insider, Senin (13/11/2021).

Perdamaian antara Apple dan Qualcomm sebelumnya terjadi pada April 2019, di mana keduanya menyelesaikan masalah terkait paten modem yang dipakai di iPhone. Saat itu Apple membayarkan sejumlah uang ke Qualcomm, dan keduanya kemudian menandatangani perjanjian lisensi paten yang berlaku selama enam tahun.

Qualcomm pun bakal menyuplai komponen untuk iPhone selama beberapa tahun, yang mungkin berarti Apple bakal kembali memakai modem buatan Qualcomm di perangkat buatannya.

Pangkal permasalahannya adalah tudingan Apple terhadap Qualcomm yang menyebut biaya yang terlalu tinggi untuk paten-paten dasar yang sangat penting dalam ponsel. Qualcomm pun dituding memanfaatkan posisinya sebagai penyuplai utama modem ponsel dan mematok harga yang terlalu tinggi.

Setelah perdamaian itu Apple bisa kembali memakai chip modem dari Qualcomm setelah sebelumnya terpaksa memakai modem dari Intel yang terbukti kualitasnya lebih rendah.



Simak Video "Bocoran iPhone SE 3, Lini Produk Anyar Termurahnya Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)