RI Bisa Jadi Raja Digital ASEAN, Menkominfo: Pemuda, Kuasai Teknologi!

RI Bisa Jadi Raja Digital ASEAN, Menkominfo: Pemuda, Kuasai Teknologi!

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 29 Okt 2021 13:36 WIB
Menkominfo
Indonesia Akan Jadi Raja Digital ASEAN, Menkominfo: Pemuda, Kuasai Teknologi!. Foto: Kominfo
Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyerukan agar generasi muda Indonesia untuk menguasai teknologi dan ruang digital, serta perekonomian digital.

Menurut Johnny, penguasaan atas ruang digital oleh generasi muda, tak hanya untuk diri sendiri, melainkan memiliki manfaat bagi masyarakat Indonesia.

"Wahai generasi muda, generasi milenial, generasi Z, generasi Alpha. Seluruh putra dan putri Indonesia, siapkan diri Anda untuk masuk ke babak baru dunia, kuasailah teknologi digital untuk memajukan perekonomian digital bangsa," ujar Menkominfo Johnny G Plate.

Seruan Menkominfo ini untuk menghadapi babak baru dunia pasca-pandemi COVID-19 yang telah merebak sejak awal tahun 2020. Selama itu pula, dunia mulai berubah, salah satunya pemanfaatan teknologi yang kian masif.

Ajakan Menkominfo ini pula bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober. Semangat Hari Sumpah Pemudah yang sudah berusia 93 tahun tersebut masih tetap relevan untuk menggerakkan generasi milenial dan seterusnya untuk membangun Indonesia lebih baik, terutama mengatasi pandemi.

"Tanah air kita tanpa henti terus menyokong segala visi, misi, dan cita-cita bangsa untuk dapat terus bersatu dalam satu bahasa, diiringi satu ikhtiar dan doa yang senada, yakni terus berdaya dalam upaya melanjutkan hidup berdampingan dengan pandemi yang niscaya pasti akan segera mereda," tuturnya dalam pernyataan yang diterima detikINET, Jumat (29/10/2021).

Berdasarkan hasil riset Google, Temasek, Bain & Company, Indonesia diprediksi akan menguasai nilai ekonomi digital di Asia Tenggara pada 2025 mendatang. Nilainya mencapai USD 124 miliar.

Secara keseluruhan, riset juga mengungkapkan nilai ekonomi digital di Asia Tenggara diproyeksikan sebesar USD 309 miliar, naik 24% dari prediksi sebelumnya.



Simak Video "Menkominfo Sebut Jumlah Pengguna Internet di RI Capai 202,6 Juta Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)