Suntik TV Analog Ditunda, Ini Cara Cek Wilayah Ada Siaran TV Digital

Suntik TV Analog Ditunda, Ini Cara Cek Wilayah Ada Siaran TV Digital

Agus Tri Haryanto - detikInet
Minggu, 15 Agu 2021 18:44 WIB
Remote  Kontrol TV.  dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Suntik TV Analog Ditunda, Ini Cara Cek Wilayah Ada Siaran TV Digital. Foto: dikhy sasra
Jakarta -

Siaran TV digital boleh saja tertunda pada tahun ini, tapi kalian bisa menjajal penyiaran versi modern tersebut. Ini cara mendapatkan siaran TV digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berencana untuk melakukan migrasi TV analog ke digital pada April 2022. Semula dilakukan dalam lima tahap, kini mengerucut jadi lima tahap sampai 2 November 2022 sepenuhnya siaran TV digital mengudara.

Kendati Kominfo memudurkan jadwal suntik TV analog alias Analog Switch Off (ASO) Tahap 1 dan Tahap 2 tahun ini. Kominfo menyebutkan sekarang ada beberapa penyelenggara yang menyiarkan secara simulcast.

"Saat ini sebenarnya sudah dilakukan sistem penyiaran simulcast, analog tetap beroperasi dan digital juga beroperasi," ungkap Direktur Pengembangan Pita Lebar Kominfo Marvels Situmorang.

Untuk mendapatkan siaran TV digital itu, tentunya perangkat televisi kalian sudah memenuhi syarat, yakni bukan TV analog. Apabila masih, maka dibutuhkan alat bantuan berupa set top box.

Selain itu juga, cek juga ketersedian siaran TV digital di wilayah kalian, apakah sudah tersedia atau belum. Cara cek wilayahnya, bisa mengandalkan aplikasi SinyalTVDigital besutan Kominfo.


Cara Cek Wilayah yang ada Sinyal TV Digital

Situs Kominfo

Lewat browser, kunjungi https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran. Di halaman ini, kalian bisa melihat jangkauan siaran dan wilayah-wilayah yang sudah ada siaran TV digital.

Aplikasi SinyalTVDigital

Cara kedua adalah menggunakan aplikasi SinyalTVDigital yang jauh lebih mudah. Aplikasi ini tak hanya membantu mengetahui apakah lokasi kalian sudah ada siaran TV digital, tetapi juga mengecek apakah sinyal TV digital lemah, jelek, bahkan hilang. Aplikasi ini sangat tepat digunakan sebelum memutuskan untuk membeli perangkat TV digital TV DVB-T2 atau STB DVB-T2.

  • Download aplikasi sinyalTVdigital di Google Play Store
  • Buka aplikasi dan izinkan untuk mengakses lokasi kalian
  • Tampilan aplikasi akan berubah sesuai lokasi
  • Tap ikon layer atau kotak bertumpuk di kanan atas, dekat ikon zoom in dan zoom out
  • Cek warna yang muncul pada peta. Sinyal terkuat adalah merah, sedangkan sinyal lemah berwarna putih



Simak Video "Migrasi TV Analog ke Digital Akan Dimulai April 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/agt)