Diskominfo Aceh Sosialisasi TV Digital ke Warga Bareng KPI

Diskominfo Aceh Sosialisasi TV Digital ke Warga Bareng KPI

Agus Setyadi - detikInet
Selasa, 10 Agu 2021 19:10 WIB
FILE PHOTO: A visitor uses a remote control as she looks at television programmes during the annual MIPCOM television programme market in Cannes, southeastern France, October 4, 2010. REUTERS/Eric Gaillard/File Photo
Ilustrasi TV digital (Foto: REUTERS/Eric Gaillard)
Banda Aceh -

Pemerintah akan migrasi TV analog ke TV digital atau dikenal istilah Analog Switch Off (ASO). Meski urung digelar 17 Agustus 2021 mendatang, sosialisasi tetap dilakukan.

"Kita sudah melakukan sosialisasi, tapi prosesnya diperpanjang. Nggak jadi tanggal 17 Agustus," kata Kepala Diskominfo dan Sandi Aceh, Marwan Nusuf saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (10/8/2021).

Dia menyebutkan, Diskominfo dan Sandi Aceh menggandeng Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Aceh untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat. Untuk tahap pertama, suntik mati TV analog di Tanah Rencong dilakukan untuk wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar.

Sosialisasi suntik mati TV analog, katanya, sudah dilakukan hingga ke tingkat desa. Sosialisasi itu digelar untuk mengedukasi masyarakat tentang apa itu televisi digital dan analog.

Menurutnya, lembaga penyiaran juga telah menayangkan informasi tersebut di televisi. Dia menyebutkan, sosialisasi digelar di Tanah Rencong sejak ada aturan dari Menkominfo terkait rencana suntik mati televisi analog.

"Kita sudah melakukan sosialisasi itu hingga ke desa-desa sejak tiga bulan lalu," jelasnya.

Untuk diketahui, suntik mati TV Analog Tahap 1 resmi ditunda. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan perlu persiapan yang matang untuk migrasi TV analog ke TV digital.

Plt Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Ismail mengimbau kepada para pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan sosialisasi Analog Switch Off (ASO).

"Kominfo mengimbau agar seluruh pemangku kepentingan terkait kegiatan sosialisasi di wilayah penerima manfaat ASO," ujar Ismail secara virtual, Jumat (6/8).

"Sehingga masyarakat setempat dapat semakin siap untuk menikmati siaran TV digital dengan kualitas gambar dan siarannya yang jauh lebih baik dari siaran TV analog," tambahnya.



Simak Video "Migrasi TV Analog ke Digital Akan Dimulai April 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/fay)