Semua Pertanyaan tentang Migrasi ke Siaran TV Digital

Semua Pertanyaan tentang Migrasi ke Siaran TV Digital

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 09 Agu 2021 05:42 WIB
TV digital
Semua Pertanyaan tentang Migrasi ke Siaran TV Digital. Foto: Istimewa
Jakarta -

Bermigrasi ke siaran TV digital mau tidak mau akan dilakukan. Proses ini akan dilakukan secara bertahap. Sementara menunggu siaran TV digital hadir di rumah kalian, yuk cari tahu lebih banyak tentang peralihan dari TV analog ke TV digital.

Sebagai sesuatu hal yang baru, wajar jika akan ada banyak pertanyaan. Berikut ini detikINET rangkumkan sejumlah pertanyaan terkait siaran TV digital yang sering diajukan netizen.

Apa itu siaran TV digital?

Siaran TV digital adalah siaran TV yang menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi sehingga menjanjikan kualitas gambar lebih bersih dan suara lebih jernih. Dalam masa peralihan ke siaran TV digital, masyarakat tetap bisa menonton siaran televisi analog. Namun, sangat dianjurkan untuk mulai mengubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital.

Apa perbedaan TV analog dan digital?

Perbedaan TV analog dan TV digital adalah sinyal yang dipancarkan dari kedua siaran tersebut. Sinyal pada TV analog ditransmisikan melalui sinyal radio, yang terbagi dalam format video dan audio.

Sinyal video ditransmisikan dalam gelombang AM, sementara audio ditransmisikan dalam gelombang FM. Sedangkan TV digital menerima transmisi sinyal dalam bentuk format "bit" atau data informasi. Semua data di sinyal TV digital dibawa sekaligus, seperti warna, gambar, dan suara (termasuk surround). Perbedaan ini mempengaruhi kualitas gambar dan suara TV digital lebih jernih dibandingkan TV analog.

Kenapa siaran TV beralih ke digital?

TV digital diperlukan karena teknologi TV analog yang sekarang dipakai stasiun TV nasional, memakan sumber daya yang besar pada spektrum 700 MHz. Oleh karena itu pemerintah ingin mengalihkan ke TV digital agar lebih efisien.

Apakah TV digital harus pakai internet?

Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan, siaran TV digital bukan streaming internet yang membutuhkan pulsa atau kuota data. Siaran TV digital berstatus free to air (FTA) alias tanpa biaya. Untuk menonton siaran TV digital, tidak perlu internet atau pulsa.

Apakah TV digital bayar bulanan?

Untuk menonton siaran TV digital tidak perlu membayar biaya langganan tiap bulan. Sama dengan siaran TV analog, masyarakat masih menonton tayangan hiburan seperti sinetron, musik, atau berita, namun dengan kualitas tampilan gambar dan suara lebih bagus.

Kapan migrasi TV analog ke digital?

Siaran TV analog yang telah mengudara selama hampir 60 tahun di Indonesia akan digantikan oleh siaran TV digital selambat-lambatnya pada 2 November 2022. Jadwal mematikan siaran TV analog untuk bermigrasi ke TV digital sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo No.6 tahun 2021 tentang penyelenggaraan siaran.

Akan ada lima tahap mematikan TV analog di Indonesia dan ditargetkan selesai pada 2 November 2022. Dalam aturan tersebut disebutkan tahap pertama akan dilakukan pada 17 Agustus 2021. Namun berdasarkan informasi terbaru, Kementerian Kominfo pada Jumat (6/8) memutuskan untuk menunda migrasi tahap pertama yang semula direncanakan bertepatan dengan HUT RI ke-76.

Apa yang dimaksud dengan Set Top Box?

Set Top Box (STB) adalah semacam alat konverter untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog.

Apakah TV digital perlu Set Top Box?

Jika TV di rumah hanya bisa menerima siaran analog, maka perlu memasang dekoder Set Top Box (STB) untuk menerima sinyal digital. Perangkat STB akan membantu sinyal TV digital yang ditangkap antena dapat ditampilkan meski TV di rumah kalian adalah TV untuk siaran analog.

Berapa harga Set Top Box TV digital?

Kementerian Kominfo memang berencana membagikan Set Top Box (STB) gratis untuk memuluskan program migrasi ke TV digital. Hanya saja, perangkat ini diperuntukan bagi kalangan tak mampu. Jangan khawatir, kalian bisa mendapatkan STB dengan harga terjangkau di toko online dengan range harga Rp 190 ribu - Rp 300 ribuan dari berbagai merek.



Simak Video "Migrasi RI ke TV Digital Ditunda!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)