Cara Tahu TV Sudah Digital atau Masih Analog

Cara Tahu TV Sudah Digital atau Masih Analog

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 08 Agu 2021 12:13 WIB
FILE PHOTO: A visitor uses a remote control as she looks at television programmes during the annual MIPCOM television programme market in Cannes, southeastern France, October 4, 2010. REUTERS/Eric Gaillard/File Photo
Cara Tahu TV Sudah Digital atau Masih Analog. Foto: REUTERS/Eric Gaillard
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memulai tahapan migrasi TV analog ke TV digital. Ada baiknya detikers mengetahui apakah TV yang dipakai masih analog atau sudah bisa dipakai siaran TV digital.

Untuk bisa menikmati siaran TV digital bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, melalui TV yang memang sudah mendukung. Kedua, dengan bantuan alat bernama set top box (STB) DVB-T2 untuk bisa tetap menggunakan TV analog menjadi digital. Nah, untuk memastikan bahwa TV kalian sudah mendukung siaran digital atau belum, coba cek dengan cara berikut ini.

1. Cek stiker di belakang TV

Cek stiker pada bodi belakang TV (penempatan stiker mungkin akan berbeda-beda tergantung merek TV). Jika sudah mendukung siaran TV digital, pada stiker akan tertulis keterangan ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver. Kalau ada salah satu keterangan disebutkan tadi, artinya TV sudah bisa menerima siaran digital.

2. Cek spesifikasi TV

Jika tidak menemukan stiker dengan keterangan dukungan untuk siaran digital, kalian perlu mengecek secara manual. Caranya bisa dengan menelusuri spesifikasi lengkap perangkat di situs resmi merek TV yang akan dicek.

3. Dicoba langsung dengan siaran TV digital

Siaran digital biasanya punya sub-channel, seperti channel A-1, dan channel A-2. Misalnya, TVRI memiliki beberapa sub-channel: TVRI Nasional, TVRI 3 Budaya, serta TVRI Sport HD. Kalau kalian menemukan sub-channel seperti itu, artinya TV sudah mendukung siaran digital.

4. Cek ke situs Kominfo

Masuk ke halaman sertifikasi perangkat lewat tautan berikut ini (tampilannya akan seperti pada screenshot di bawah). Kemudian pada kolom kategori, pilih opsi "Televisi". Setelah itu, isi merek dan model yang sesuai dengan TV kalian. TV yang sudah mendukung siaran digital akan tampil pada halaman ini.

tv digital

Untuk diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan membagi tahapan suntik mati TV analog dalam lima tahap. Diharapkan paling lambat 2 November 2022 masyarakat Indonesia dapat sepenuhnya beralih ke TV digital.



Simak Video "Sederet Fakta soal Siaran TV Digital yang Harus Diketahui "
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)