Hasil Lelang Frekuensi 2,3 GHz Sudah Ada, Kok Belum Ditetapkan Menkominfo?

Hasil Lelang Frekuensi 2,3 GHz Sudah Ada, Kok Belum Ditetapkan Menkominfo?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 29 Apr 2021 12:48 WIB
Menkominfo Johnny G Plate di Solo
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Jakarta -

Lelang frekuensi 2,3 GHz untuk kebutuhan 4G dan 5G telah diumumkan sejak pekan lalu, namun hingga saat ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) belum menetapkan pemenangnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan bahwa itu sedang diproses oleh Tim Lelang Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo.

"Saya juga berharap bisa ditetapkan segera agar segera menambah PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dan operator seluler dapat melakukan rencana investasi memanfaatkan pita frekuensi 2,3 GHz untuk kebutuhan 4G dan persiapan 'deployment showcase' 5G di Indonesia," ujar Menkominfo kepada detikINET, Kamis (29/4/2021).

Sebagai informasi, lelang frekuensi 2,3 GHz dimenangkan oleh Telkomsel dan Smartfren. Untuk menguasai spektrum tersebut, Telkomsel merogoh kocek sebesar Rp 353,8 miliar, sedangkan Smartfren Rp 176,5 miliar.

Harga penawaran Telkomsel tersebut untuk penawaran per blok yang tertinggi, di mana anak perusahaan Telkom itu dinyatakan mendapatkan dua blok kosong yang masing-masing punya lebar pita 10 MHz atau secara keseluruhan sebanyak 20 MHz. Sedangkan, Smartfren meraih lebar pita 10 MHz.

Sama halnya dengan lelang frekuensi 2,3 GHz, beberapa waktu lalu juga Kominfo baru saja mengumumkan pemenang seleksi penyelenggara multipleksing. Seleksi ini bertujuan untuk siaran TV digital, di mana Kominfo siaran TV analog disetop pada 2 November 2022.

"Saya berharap penetapan LPS Penyelenggara Mux di 34 wilayah layanan termasuk di 22 wilayah layanan yang sedang diseleksi dapat segera ditetapkan agar persiapan menuju Penyiaran digital dan ASO pada 2 Nopember 2022 dapat dilakukan dengan baik. Saat ini masih berproses di Tim Seleksi pada Direktorat Jenderal Pos dan Penyiaran (PPI)," tutur Johnny.

Ditanya lebih lanjut, kapan penetapan pemenang lelang frekuensi 2,3 GHz dan penyelenggara multipleksing ini, Menkominfo berharap itu dilakukan dalam waktu dekat.

"Mudah-mudahan dapat segera dilakukan," pungkasnya.



Simak Video "Kominfo Batal Lelang Frekuensi untuk 5G, Ini Respons Smartfren"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)