Akhir 2022, Indonesia Dijanjikan Merdeka Sinyal 4G

Akhir 2022, Indonesia Dijanjikan Merdeka Sinyal 4G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 31 Des 2020 06:01 WIB
Menkominfo Johnny G Plate
Foto: Screenshot
Jakarta -

Kesenjangan akses internet masih terasa di Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjanjikan bahwa akhir tahun 2022, seluruh daerah Indonesia akan terselimuti sinyal 4G.

Dalam konferensi pers secara virtual yang dilakukan hari ini, Rabu (30/12/2020) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebutkan di masa kepemimpinannya, masih akan terus melakukan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

"Ini dalam rangka meningkatkan konektivitas telekomunikasi nasional melalui upaya pembangunan infrastruktur digital untuk memperkecil digital divide," ujar Johnny.

Diketahui, berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) pada tahun 2016, ada 83.218 desa dan kelurahan di Indonesia. Sementara itu, 12.548 desa dan kelurahan masih belum terjangkau jaringan 4G.

Pekerjaan rumah desa dan kelurahan yang belum dialiri sinyal 4G ditargetkan dapat tercapai dalam dua tahun ke depan. Bahkan, Kominfo mengklaim bahwa target tersebut lebih cepat 10 tahun.

Adapun, penggelaran jaringan 4G itu dilakukan oleh pemerintah lewat Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Komifo yang menyasar wilayah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T), sedangkan operator seluler akan menyelimuti daerah yang non-3T.

"Proyek besar ini direncanakan untuk dilaksanakan dalam dua tahun ke depan atau pada akhir tahun 2022, lebih cepat sepuluh tahun dari rencana penyelesaian awal di tahun 2032," kata Menkominfo.

"BLU BAKTI Kominfo membangun seluruhnya 9.113 BTS di desa/kelurahan di daerah 3T, sedangkan 3.435 sisanya berada di daerah non-3T dan menjadi wilayah kerja dan komitmen dari seluruh operator seluler," ungkap Johnny melanjutkan.

Selain pembangunan BTS, Kementerian Kominfo juga telah membangun layanan akses internet di 4.400 titik layanan publik, di mana 3.126 titik diantaranya merupakan lokasi fasilitas layanan kesehatan (fasyankes).

Kementerian Kominfo melakukan percepatan untuk menyelesaikan penyediaan konektivitas di fasyankes pada tahun 2020.

"Ini lebih cepat dari rencana awal penyelesaian di tahun 2027, sehingga seluruh rumah sakit dan puskesmas di Indonesia termasuk di daerah 3T di akhir tahun ini telah memiliki akses internet," pungkas Johnny.



Simak Video "Respons Kominfo soal Jokowi Minta Ada Pedoman Interpretasi UU ITE"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/afr)