Sinyal 4G di Labuan Bajo Makin Kenceng

Sinyal 4G di Labuan Bajo Makin Kenceng

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 16 Nov 2020 14:42 WIB
Puncak Waringin adalah proyek pembangunan Labuan Bajo yang jadi destinasi super prioritas. Sudah sejauh mana ya garapannya?
Suasana di Labuan Bajo (Foto: Melissa Bonauli/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membangun 18 Base Transceiver Station (BTS) 4G di Labuan Bajo, yang mana daerah tersebut masuk ke dalam destinasi wisata super prioritas.

Pembangunan infrastruktur sinyal 4G tersebut digelar melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo sebagai upaya pemerataan akses internet di seluruh Indonesia.

"Saat ini pak Presiden Joko Widodo mempunyai perhatian yang tinggi untuk membangun secara besar-besaran infrastruktur dalam rangka destinasi pariwisata super prioritas di Manggarai Barat, Labuan Bajo, Komodo," ujar Menkominfo Johnny G Plate dalam keterangannya.

"Sebagai contoh, membangun bandara, pelabuhan, jalan, kita lihat dengan mata, kepala, saksikan sendiri secara fisik, bisa lihat langsung. Tetapi, membangun telekomunikasi, sebagai contoh, menggelar fiber optik di dasar laut, tidak ada yang bisa lihat itu. Namun harus tetap dibangun, hasilnya yang kita rasakan ada sinyal," sambungnya.

Johnny mengungkapkan guna mengatasi disparitas ketersediaan internet, Kementerian Kominfo telah menyiapkan roadmap yang membutuhkan peran teknologi, sumber daya manusia yang terampil, serta kerjasama lintas sektor di daerah.

"Menjamin dalam waktu singkat, justru karena tidak ada sinyalnya maka dibangun sekarang. Kita inginkan semuanya menjadi baik, tetapi ini bukan simsalabim adakadabra sulap, bukan. Ini pembangunan fisik infrastruktur," jelasnya.

Menkominfo juga mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan ketersediaan infrastruktur telekomunikasi tersebut, khususnya kehadiran sinyal 4G, untuk turut berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional.

Direktur Utama Bakti Kominfo Anang Latif menuturkan bahwa keberadaan 18 dari 21 BTS di Kecamatan Labuan Bajo menjadi bentuk komitmen dan perhatian serius dari pemerintah yang telah diwujudkan.

"BTS yang akan kami resmikan ini adalah bagian dari program 21 pembangunan BTS untuk destinasi super prioritas, 18 diantaranya di Provinsi di NTT dan 3 di Provinsi NTB," jelasnya.

Menurut Anang, pembangunan 18 BTS tersebut untuk kecamatan Komodo sendiri sudah dibangun sebanyak 4 BTS, salah satu yang diresmikan berada di Desa Komodo yang merupakan DPSP.

Berdasarkan penuturan Kepala Desa Komodo Haji Aksan, Dirut Bakti Kominfo mengatakan bahwa masyarakat di Desa tersebut tidak saja menikmati infrastruktur BTS, tetapi juga akses internet gratis untuk pelayanan umum.



Simak Video "Kominfo Bersih-bersih Ratusan Hoax UU Cipta Kerja di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)