Menkominfo Perkuat Sinyal 4G di Taman Nasional Komodo

Menkominfo Perkuat Sinyal 4G di Taman Nasional Komodo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 13 Nov 2020 19:15 WIB
Pulau Komodo 2019
Foto: Masaul/detikcom
Jakarta -

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menambah kapasitas bandwidth Base Transceiver Station (BTS) di Taman Nasional Komodo. Peningkatan bandwidth ini karena wilayah tersebut merupakan destinasi wisata super prioritas yang dicanangkan pemerintah.

BTS 4G yang berada di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, itu semula hanya 8 Mbps, maka kini kapasitas bandwidth-nya menjadi 30 Mbps. Adapun, BTS yang di-upgrade itu berjumlah satu unit.

"Masyarakat di Pulau Komodo sangat beruntung karena ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas. Artinya, harus diprioritaskan juga dalam hal pembangunan infrastruktur digital, sebagaimana telah diamanatkan Presiden Joko Widodo," ujar Menkominfo Johnny G Plate dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/11/2020).

Lebih lanjut, Johnny mengatakan, tujuan dari penggelaran infrastruktur digital tersebut untuk menyediakan akses yang lebih memberi keleluasaan dan kecepatan mengakses internet.

Sebagai daerah destinasi wisata super prioritas, Menkominfo mengungkapkan, menambah pengetahuan, wawasan, dan akses dinilai sangat penting. Sebab, hal itu meningkatkan nilai tambah dan daya saing, serta aktivitas pendidikan dan kesehatan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menambah kapasitas bandwidth Base Transceiver Station (BTS) di Taman Nasional Komodo.Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menambah kapasitas bandwidth Base Transceiver Station (BTS) di Taman Nasional Komodo. Foto: Kominfo

"Semua ini pada gilirannya akan sangat bermanfaat bagi kemajuan ekonomi berbasis pariwisata di daerah tersebut, juga seluruh Indonesia. Pembangunan akan berhasil, jika masyarakat ikut berpartisipasi dengan masing-masing kemampuannya," tutur pria kelahiran Ruteng ini.

Sementara itu, dalam upaya pemulihan ekonomi karena pandemi COVID-19, sektor pariwisata mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur di daerah destinasi wisata super prioritas terus digenjot, meski digempur Corona.

"Di Nusa Tenggara ini ada dua objek wisata yang ditetapkan menjadi destinasi super prioritas, yaitu Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur. Bakti Kominfo juga memberikan fokus lebih ke dua kawasan tersebut," ungkap Direktur Utama Bakti Anang Latif.

Dijelaskan Anang bahwa Bakti berencana akan menambah lagi BTS baru di Kabupaten Manggarai Barat pada tahun 2021 sejumlah 24 site. Saat ini, di wilayah tersebut sudah berdiri 21 BTS 4G.



Simak Video "Dibangun 'Jurassic Park', TN Komodo Pulau Rinca Tutup Sementara"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)