Waduh, Apple Digugat Pemegang Saham

Waduh, Apple Digugat Pemegang Saham

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 07 Nov 2020 20:51 WIB
Tim Cook iPhone XR
Waduh, Apple Digugat Pemegang Saham. Foto: Getty Images
Jakarta -

Apple dihadapi gugatan dari pemegang saham yang geram atas komentar sang CEO Apple Tim Cook. Bos Apple itu dianggap menutup-nutupi turunnya permintaan iPhone di China yang mengakibatkan investor kehilangan miliaran dolar.

Dikutip detikINET dari Reuters, Sabtu (7/11/2020) Hakim Distrik Amerika Serikat Yvonne Gonzalez Rogers mengatakan, pemegang saham yang dipimpin oleh dewan daerah Norfolk, Inggris boleh menggugat Cook atas komentar yang ia utarakan saat panggilan konferensi dengan analis pada 1 November 2018.

Dalam panggilan tersebut, Cook mengatakan, perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS, itu sedang menghadapi penurunan permintaan di beberapa pasar penting. Akan tetapi, ia tidak memasukkan Apple dalam kategori tersebut.

Beberapa hari setelah pernyataan Cook tersebut, Apple meminta pemasoknya untuk mengurangi produksi. Lalu, pada 2 Januari 2019, perusahaan tiba-tiba memangkas prediksi pendapatan kuartalnya hingga USD 9 miliar yang disebut Cook disebabkan oleh tekanan dari konflik dagang China-AS.

Itu pertama kalinya Apple menurunkan perkiraan pendapatan sejak raksasa teknologi tersebut meluncurkan iPhone tahun 2007. Sehari setelah menurunkan prediksi pendapatannya, valuasi Apple di pasar anjlok hingga USD 74 miliar.

Apple dan Cook sebelumnya mengatakan tidak ada bukti bahwa mereka menipu atau berniat menipu penggugat. Tapi perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California ini belum merespon gugatan tersebut.

Dalam dokumen keputusannya, Rogers mengatakan investor Apple menuduh bahwa pernyataan Cook dalam panggilan konferensi dengan analis tentang China secara material salah dan menyesatkan.

Ia menambahkan, meski Cook tidak memiliki informasi spesifik tentang tanda-tanda masalah di China yang dihadapi Apple, agak tidak mungkin bahwa ia tidak tahu tentang masalah perdagangan dan kemungkinan dampaknya terhadap Apple.

Penggugat menyimpulkan bahwa Cook mengetahui risiko yang ada ketika membicarakan China di panggilan dengan analis, dan Rogers mengatakan kesimpulan meyakinkan bahwa Cook tidak bertindak secara polos atau hanya kelalaian belaka.



Simak Video "Sengaja Bikin iPhone Lemot, Apple Didenda USD 113 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/agt)