Apple Buka Preorder iPhone 12 Mini dan 12 Pro Max di 30 Negara

Apple Buka Preorder iPhone 12 Mini dan 12 Pro Max di 30 Negara

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 06 Nov 2020 08:33 WIB
iPhone 12 Pro
iPhone 12 Pro Max mulai bisa dipesan di 30 Negara. Foto: Apple
Jakarta -

Setelah melempar iPhone 12 dan iPhone 12 Pro ke pasaran, kini giliran dua varian sisanya. Apple mulai membuka preorder iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro Max.

Ada lebih dari 30 negara yang bakal membuka pemesanan awal dua varian iPhone tersebut pada hari ini, Jumat (6/11/2020), di antaranya Australia, China, Jerman, India, Jepang, Inggris, Singapura dan Malaysia.

Apple bakal mulai mengirimkan pesananya pada Jumat pekan depan (13/11/2020) sekaligus memajangnya di toko resminya untuk bisa dibeli secara langsung.

Beberapa negara seperti Brazil, Korea Selatan dan 25 negara lainnya baru bisa memesan iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro Max pada 20 November mendatang. Seminggu setelahnya kedua ponsel tersebut akan dikirimkan ke pemesan dan dijual di toko-toko resmi Apple.

Apakah Indonesia masuk dalam daftar di gelombang kedua tersebut? Hanya Apple yang tahu jawabannya, tapi melihat situasi dan kondisi rasanya kita harus bersabar.

TKDN iPhone 12TKDN iPhone 12 Foto: screenshot/detikINET

Meski sudah lolos TKDN, tapi keempat seri iPhone 12 belum mendapat restu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Hingga artikel ini tayang, ponsel terbaru Apple itu belum juga terlihat batang hidungnya di situs Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI).

Kalo melihat pola sebelumnya, Indonesia baru kebagian iPhone terbaru selang 3 bulan setelah dijual perdana. Harap maklum negara kita bukan prioritas bagi Apple meski banyak orang di sini yang menanti.

Sejumlah pihak memprediksi iPhone 12 dan 12 Pro bakal masuk resmi di Indonesia pada Januari 2021. Sebulan kemudian barulah iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro Max.

Kalau Apple ternyata mendaratkan ponsel barunya di bulan Desember ini, mengikuti jejak iPhone 11 yang dirilis tahun lalu, itu bisa dianggap keajaiban. Mari doakan saja.

Tapi kalaupun tidak sabar toh kamu bisa memesan iPhone 12 series lewat jastip yang banyak sekali ditawarkan di Instagram atau toko-toko ponsel yang memasukkan secara legal ke Tanah Air, salah satunya Eka Celullar.

Sedikit informasi soal iPhone 12 Mini dan iPhone 12 Pro Max. Keduanya sama-sama diperkenalkan 13 Oktober lalu.

iPhone 12 Mini memiliki ukuran ukuran 131,5 x 64,2 x 7,4 mm dengan bobot 135 gram. Sebagai bayangan, dimensinya lebih besar dari iPhone 5 tapi sedikit kecil dari iPhone 6.

HP mini Apple ini punya ukuran layar sebesar 5,4 inch dengan panel OLED yang mendukung HDR dan Dolby Vision.

wujud iPhone 12 mini terungkap lewat video hands-onwujud iPhone 12 mini terungkap lewat video hands-on Foto: YouTube/George Buhnici via GSM Arena

Ponsel ini dimodali chipset A14 Bionic dengan fabrikasi 5 nm dengan 11,8 miliar transistor. Menjanjikan performa GPU dan CPU 50% lebih kencang dengan yang ada di pasaran.

Tersemat kamera depan berukuran 12 MP. Sementara di bagian belakangnya ada dua kamera yang terpasang, masing-masing 12 MP Wide dan 12 MP Ultra Wide.

Warna yang ditawarkan sama dengan iPhone 12, yakni hitam, putih, product red, biru, dan hijau. Di pasar Amerika Serikat, harga iPhone 12 Mini 64 GB dipatok USD 699 atau sekitaran Rp 9,7 juta.

Untuk versi 128 GB dijual USD 749 kisaran Rp 10,4 juta dan iPhone 12 Mini 256 GB USD 849 atau sekitar Rp 11,8 juta.

iPhone 12 ProiPhone 12 Pro vs iPhone Pro Max Foto: Apple

iPhone 12 Pro Max memiliki layar 6.7 inch dengan panel OLED dengan dukungan HDR dan Dolby Vision. Apple memberikan pelindungan ceramic shield yang diklaim punya ketahanan empat kali lipat dari yang ada sekarang.

Chip A14 Bionic turut mentenagai kedua ponsel ini. Ada tiga kamera terpasang di bagian belakangnya.

Kamera utama 12MP dengan beraperture f/1.6 dengan sensor 47% lebih besar dan pixel 1,7μm untuk peningkatan 87% dalam kondisi cahaya rendah.

Bersanding dengan kamera 12MP 120° Ultra Wide dan kamera telephoto 12MP dengan focal lenght 65 mm untuk zoom optik 5x.

iPhone 12 Pro Max menjadi yang pertama di dunia yang memungkinkan pengalaman end-to-end untuk video HDR dengan Dolby Vision hingga 60 fps. Grading Dolby Vision dapat diproses secara langsung dan dipertahankan selama pengeditan di aplikasi Photos atau iMovie, dan akan hadir di Final Cut Pro X akhir tahun ini.

Apple menambahkan sensor LiDAR, menawarkan kemampuan untuk mengukur jarak cahaya dan menggunakan informasi kedalaman pixel pada sebuah scene. Teknologi ini menghadirkan pengalaman AR yang lebih cepat dan lebih realistis serta meningkatkan auto focus sebesar 6x dalam kondisi cahaya rendah untuk akurasi yang lebih tinggi dan mengurangi waktu pengambilan dalam foto dan video.

Dikombinasikan dengan A14 Bionic, ini juga menawarkan Night Mode Portrait. Kedua iPhone 12 Pro memiliki pengisian nirkabel MagSafe. Dan seperti dikabarkan sebelumnya, dalam paket penjualan ponsel tidak memiliki pengisi daya di dalam kotak.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)