Stok Menipis, Apple Pakai Komponen iPad untuk iPhone 12 Pro

Stok Menipis, Apple Pakai Komponen iPad untuk iPhone 12 Pro

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 06 Nov 2020 18:45 WIB
iPhone 12 Pro
Stok Menipis, Apple Pakai Komponen iPad untuk iPhone 12 Pro (Foto: Sina Mobile)
Jakarta -

Apple harus mengakali keterbatasan suplai beberapa komponen penting untuk iPhone 12 Pro. Salah satunya dengan menggunakan komponen yang telah dialokasikan untuk iPad.

Nikkei Asia Review melaporkan permintaan terhadap iPhone 12 Pro ternyata lebih tinggi dari perkiraan. Tapi Apple sulit memenuhi permintaan ini karena kurangnya suplai beberapa komponen spesifik seperti power chip dan komponen sensor LiDAR.

Akibatnya, waktu tunggu untuk inden iPhone 12 Pro di Amerika Serikat mencapai 20 hari jika memesan online. Sedangkan untuk mendapatkan model yang sama di China, fanboy Apple harus menunggu dua hingga tiga minggu.

Dikutip detikINET dari MacRumors, Jumat (6/11/2020) untuk mengatasi kekurangan suplai komponen dan permintaan yang terus meningkat, Apple terpaksa menggunakan beberapa komponen iPad untuk iPhone 12 Pro.

Kebijakan baru ini langsung mempengaruhi produksi sekitar dua juta unit iPad, dan merusak rencana produksi iPad untuk tahun ini.

Untuk mengisi rak-rak di toko Apple yang kosong menjelang musim libur Natal hingga awal tahun depan, Apple dikabarkan meminta mitra pemasoknya untuk menyiapkan lebih dari 20 juta unit iPhone lawas seperti iPhone 11, iPhone SE dan iPhone XR.

Jumlah tersebut setara dengan lebih dari seperempat dari jumlah pesanan yang dibuat Apple untuk lini iPhone 12 tahun ini yang diperkirakan berada di kisaran 75 juta sampai 85 juta unit.

Sumber Nikkei juga mengatakan iPhone 11, iPhone SE dan iPhone XR yang diproduksi setelah Oktober 2020 tidak lagi dijual dengan charger dan EarPods, sama seperti keempat model iPhone 12.

Sementara itu, Apple mulai hari ini membuka pre-order untuk iPhone 12 mini dan iPhone 12 Pro Max di beberapa negara. Apple baru akan mengirimkan pesanan dan memajangnya di toko seminggu setelah pre-order.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)