Facebook dan Instagram Larang Promosi Terapi Orientasi Seksual

Facebook dan Instagram Larang Promosi Terapi Orientasi Seksual

Josina - detikInet
Senin, 13 Jul 2020 10:23 WIB
ilustrasi instagram
Facebook dan Instagram Larang Promosi Terapi Orientasi Seksual (Foto: Carl Court/Getty Images)
Jakarta -

Facebook dan Instagram mengumumkan larangan baru untuk postingan ataupun video yang mempromosikan praktik terapi konversi orientasi seksual seseorang secara paksa.

Dilansir detikINET dari The Verge, juru bicara perusahaan induk Facebook mengatakan bahwa perubahan kebijakan baru-baru ini adalah perluasan dari aturan sebelumnya yang secara khsusus melarang iklan yang mempromosikan praktik yang berlaku pada awal tahun ini.

Dan sekarang kebijakan tersebut mencakup larangan konten apapun yang secara langsung mempromosikan praktik tersebut.

Juru bicara itu juga mengkonfirmasi larangan tersebut berlaku untuk Instagram dan jejaring sosial utama lainnya milik Facebook.

"Kami tidak mengizinkan serangan terhadap orang-orang berdasarkan orientasi seksual atau identitas gender dan memperbarui kebijakan kami untuk melarang promosi layanan terapi konversi," Tara Hopkins, Direktur Kebijakan Publik Instagram untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika,

"Kami telah menghapus konten yang melanggar dari @coreissuestrusttv. Kami selalu meninjau kebijakan kami dan akan terus berkonsultasi dengan para ahli dan orang-orang dengan pengalaman pribadi untuk menginformasikan pendekatan kami." tambahnya.

Terapi konversi ini dilarang dalam satu atau lain cara setidaknya di 19 negara bagian AS, dalam kebanyakan kasus melindungi anak di bawah umur. Namun tetap legal di tingkat federal di AS dan diizinkan dalam kotak besar di Eropa dan di tempat lain di dunia.

Hal ini sering dijajakan oleh organisasi keagamaan sebagai pseudo-science (ilmu semu) tanpa berdasarkan fakta dan studi menunjukkan memiliki hubungan langsung dengan tingkat depresi yang lebih tinggi, penggunaan narkoba, tunawisma, dan bunuh diri di kalangan anak muda banyak dari mereka menjadi sasaran tanpa persetujuan mereka.

Instagram mengatakan larangan ini berlaku untuk semua negara. Di Jerman sendiri sudah memiliki undang-undang tentang pelarangan praktik untuk di bawah umur.

Artinya Facebook dan Instagram tentang larangan konten terapi konversi harus membantu menutup organisasi di Afrika, Eropa, AS, dan kawasan lain yang mencoba mengiklankan atau mempromosikan praktik ini secara online.

Baduy


Simak Video "Mark Zuckerberg Selancar Pakai Sunscreen Tebal, Netizen: Mirip Joker!"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)