Tentara India Diperintahkan Hapus TikTok, Facebook dkk

Tentara India Diperintahkan Hapus TikTok, Facebook dkk

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 10 Jul 2020 13:30 WIB
ilustrasi facebook
Tentara India Diperintahkan Hapus TikTok, Facebook dkk (Foto: unsplash)
Jakarta -

Angkatan Darat India meminta pasukannya untuk menghapus 89 aplikasi, termasuk Facebook, TikTok, PUBG, Tinder dan masih banyak lagi. Berdasarkan laporan dari media India, perintah ini beralasan untuk mencegah kebocoran informasi strategis.

Pelarangan ini datang beberapa minggu setelah pemerintah India melarang 59 aplikasi asal China. Tapi daftar kali ini lebih besar dan tidak hanya terbatas untuk aplikasi asal China.

Dikutip detikINET dari NDTV, Jumat (10/7/2020) daftar lengkap 89 aplikasi yang dilarang diunggah oleh agensi berita ANI di Twitter. Sumber dari Angkatan Darat India mengatakan hal ini dilakukan untuk menambal potensi kebocoran informasi.

Laporan lain menyebutkan pasukan Angkatan Darat India diberikan waktu hingga 15 Juli untuk menghapus semua aplikasi ini. Jika tidak menuruti tenggat waktu, mereka harus bersiap menerima konsekuensinya.

Pencekalan ini mencakup beberapa aplikasi yang populer di India, termasuk Facebook, Instagram, Tinder, PUBG, TikTok. Ada juga kategori yang lebih luas seperti 'semua aplikasi gaming Tencent' dan 'blog pribadi'.

Di bagian atas daftar tersebut juga tertulis bahwa yang dilarang adalah aplikasi. Tidak diketahui apakah situs untuk beberapa platform seperti Facebook atau Reddit juga dilarang atau tetap bisa dikunjungi menggunakan browser ponsel.

Pencekalan ini tentu terkait dengan tegangnya hubungan antara India dan China dalam beberapa pekan terakhir. Tapi tidak seperti pelarangan 59 aplikasi yang telah diumumkan, daftar ini hanya berlaku untuk anggota militer.

Ini bukan pertama kalinya Angkatan Darat India melarang anggotanya menggunakan aplikasi media sosial. Sebelumnya mereka memberi peringatan kepada anggota yang menggunakan Facebook dan WhatsApp.

Mereka juga dilarang membawa ponsel dan mengakses Facebook di area seperti pangkalan militer, galangan kapal dan kapal perang.



Simak Video "TikTok Dilarang di India"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)