Senin, 16 Des 2019 11:58 WIB

Apple Gugat Desainer Chip iPhone dan iPad

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Spencer Platt/Getty Images Foto: Spencer Platt/Getty Images
Jakarta - Apple melaporkan dan menggugat mantan pegawainya yang merupakan desain untuk chip iPhone dan iPad. Apa penyebabnya?

Mantan pegawai yang dimaksud adalah Gerard Williams, yang dulunya adalah desainer utama untuk chip yang dipakai di iPhone dan iPad, sebelum akhirnya ia mengundurkan diri pada Februari dan memulai bisnisnya sendiri.

Bisnis yang dimaksud adalah sebuah startup bernama Nuvia, yang bisnis utamanya adalah mendesain prosesor untuk data center. Mundurnya Williams dari Apple ini dianggap sebagai pukulan keras bagi Apple.

Nah, gugatan Apple kepada Williams ini dilakukan karena Ia dianggap merencanakan ataupun memulai aktivitas bisnis yang dianggap menjadi kompetitor atau secara langsung terkait dengan bisnis ataupun produk Apple.


Hal ini, menurut Apple, adalah pelanggaran terhadap perjanjian kerja antara mereka dengan Williams, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Senin (16/12/2019).

Pertumbuhan Nuvia sendiri terbilang menarik, karena meski hampir tak terdengar namanya, Nuvia sukses mendapatkan pendanaan seri A senilai USD 53 juta. Salah satu investor Nuvia adalah Dell.

Williams tak sendiri dalam mendirikan Nuvia, karena pendirinya yang lain pun mantan eksekutif Apple, yaitu John Bruno dan Manu Gulati. Bruno sebelumnya bekerja di divisi arsitektur platform Apple, sementara Gulati bekerja di divisi system on a chip (SoC) Apple.

Ketiga orang itu kabarnya memegang lebih dari 100 hak paten terkait desain chip serta system engineering.

Simak Video "Kemungkinan Apple Tak Hadirkan Lightning Port di iPhone 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)