Selasa, 26 Nov 2019 20:10 WIB

Begini Nasib Ponsel WNI di Luar Negeri Usai Aturan IMEI Berlaku

Adi Fida Rahman - detikInet
Ilustrasi. Foto: Atsushi Tomura/Getty Images Ilustrasi. Foto: Atsushi Tomura/Getty Images
Jakarta - Begitu banyak warga negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri, entah untuk bersekolah atau bekerja. Lalu jika mereka tengah pulang ke Tanah Air dan aturan IMEI sudah berlaku, bagaimana nasib ponsel mereka?

Pertanyaan itu coba diajukan ke Kasi Standar Kualitas Layanan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Dimas Yanuarsyah. Dia menjawab ponsel milik WNI yang berada di luar negeri tidak berdampak aturan IMEI bilamana perangkat tersebut sudah pernah terkoneksi dengan jaringan seluler operator Tanah Air sebelum 18 April 2020.

Tapi bila mana mereka membeli ponsel baru sebelum aturan IMEI dan belum terkoneksi jaringan seluler di Indonesia, atau membeli smartphone baru setelah 18 April 2020, maka harus melakukan registrasi.


"Ponsel yang dibawa dari luar negeri itu termasuk (kategori) hand carry jadi harus registrasi lagi," ujar Dimas saat berbincang usai acara Sosialisasi Bersama 3 Kementerian soal Penerapan Regulasi Tata Kelola IMEI di ITC Roxy Mas, Jakarta Barat, Selasa (26/11/2019).

Saat ini media registrasinya tengah dipersiapkan. Dia menjamin prosesnya tidak akan ribet dan dapat dilakukan dengan mudah. Namun belum bisa dipastikannya kalau ponsel-ponsel milik WNI yang tengah di Luar Negeri ketika dibawa ke Tanah Air akan dikenakan pajak.

"Kalau belum live di Indonesia hitungannya sebenarnya baru barangnya. Tapi nanti ada mekanismenya bagi ponsel yang dibawa di luar hand carry," terang Dimas.


Sebelumnya diberitakan setelah ditandatangani 18 Oktober 2019 oleh tiga menteri, aturan IMEI akan berlaku 18 April 2020. Ponsel black market (BM) atau ilegal yang sudah menyala saat ini tidak akan berdampak aturan tersebut, terkecuali bila mengaktifkannya setelah tanggal pemberlakuan.

Sementara ponsel turis yang berkunjung ke Indonesia tetap bisa terkoneksi jaringan operator seluler di Tanah Air selagi menggunakan paket roaming. Untuk WNA yang ditempatkan di sini dan memakai SIM Card Indonesia, akan ada mekanismenya yang tengah disiapkan.

Simak Video "Tips Membedakan Ponsel Resmi dengan Black Market"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)