Rabu, 22 Mei 2019 12:28 WIB

Huawei Digencet Amerika, Siapa Untung Siapa Rugi?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ponsel Huawei. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Ponsel Huawei. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Huawei tengah berjuang melawan tekanan pemerintah Amerika Serikat. Mereka dipersulit membeli komponen kunci dari perusahaan AS, bahkan dibatasi memakai Android.

Jika situasi ini terus berlanjut, siapa yang akan diuntungkan dan dirugikan? Berikut sebagian di antaranya seperti dikutip detikINET dari Forbes.

Pihak yang Diuntungkan

1. Ericsson dan Nokia

Huawei adalah penyedia infrastruktur telekomunikasi paling top. Dengan upaya AS memblokir mereka mengembangkan 5G di pasar kunci karena alasan mata-mata, Ericsson di posisi kedua bisa diuntungkan, demikian pula dengan Nokia. Baik Ericsson maupun Nokia selama ini kewalahan menghadapi Huawei dengan teknologi berkualitas dan harga lebih murah.

2. MediaTek

Chip MediaTek dari Taiwan adalah alternatif bagi produsen ponsel selain Qualcomm asal Amerika Serikat. Huawei memang memproduksi chip sendiri yaitu Kirin, tapi terutama dipakai di ponsel kelas atas. Ponsel menengah Huawei yang memakai Qualcomm bisa saja diganti MediaTek dan menguntungkan mereka.

3. Samsung

Huawei adalah produsen ponsel terbesar kedua di dunia dan berambisi besar menyalip Samsung. Tapi dengan adanya kemungkinan pembatasan sistem operasi Android di Huawei, posisi Samsung bisa lebih aman dari kejaran Huawei.

4. Cisco

Cisco juga berambisi besar di bidang 5G. Perusahaan Amerika Serikat ini mengembangkan proyek bernama 5G Rural First, untuk membawa broadband high speed di area pedesaan. Maka dengan melemahnya Huawei, Cisco bisa mendapat lebih banyak peluang.




Pihak yang Dirugikan

1. Qualcomm

Qualcomm adalah pemasok chip raksasa buat para vendor ponsel. Dan tentu saja nilai bisnis mereka sangat besar dengan Huawei mengingat status Huawei sebagai produsen ponsel dengan volume tinggi. Maka karena tidak bisa leluasa berbisnis lagi dengan Huawei, Qualcomm berpotensi rugi.

2. Google

Android adalah sistem operasi terpopuler karena diadopsi vendor besar seperti Huawei. Iklan mobile mereka bisa lebih kencang karena bantuan Android. Maka, keputusan untuk membatasi akses Huawei pada Android berpotensi menjadi senjata makan tuan bagi Google. Apalagi jika OS buatan Huawei berhasil populer.

3. Apple

Apple rentan menjadi sasaran balas dendam pemerintah ataupun warga China akibat perlakuan pemerintah AS pada Huawei. Bahkan sudah ada aksi boikot warga China pada iPhone. Manufaktur iPhone pun berlokasi di China sehingga pantas kalau Apple ketar ketir.

4. Vodafone

Di Inggris, Vodafone adalah operator besar yang sangat bergantung pada Huawei. Infrastruktur mereka termasuk rencana jaringan 5G banyak dibuat oleh Huawei. Jika pemerintah Inggris bertindak seperti AS, mereka akan mengalami kerugian besar.


(fyk/krs)