Sabtu, 08 Des 2018 13:45 WIB

Ini Fakta-fakta Penangkapan Bos Huawei di Kanada

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Antrean pengunjung Sidang Meng Wanzhou di Kanada. Foto: Jeff Vinnick/Getty Images Antrean pengunjung Sidang Meng Wanzhou di Kanada. Foto: Jeff Vinnick/Getty Images
FOKUS BERITA Bos Huawei Ditangkap
Jakarta - Chief Financial Officer Huawei Meng Wanzhou belum lama ini ditangkap di Vancouver, Kanada, atas permintaan pemerintah Amerika Serikat.

Berikut fakta-fakta mengenai penangkapan tersebut, yang dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (8/12/2018).

  • Wanzhou ditangkap dan menghadapi ancaman ekstradisi ke AS karena dianggap ikut berkonspirasi untuk menipu institusi perbankan AS.
  • Pemerintah AS punya surat perintah penangkapan untuk Wanzhou yang dikeluarkan oleh pengadilan New York pada 22 Agustus. Mereka punya waktu 60 hari sejak Wanzhou ditangkap untuk memberikan bukti ke pengadilan Kanada agar bisa mengekstradisi anak pendiri Huawei Ren Zhengfei itu ke AS.
  • Wanzhou ditangkap di Vancouver ketika transit di kota itu dalam penerbangan dari Hong Kong menuju Meksiko.
  • Jaksa penuntut Kanada John Gibb-Carsley menyebut Wanzhou tadinya secara rutin datang ke AS untuk mengunjungi anaknya yang bersekolah di Boston. Namun sejak Maret 2017 Wanzhou menyetop kunjungan tersebut. Hal ini diduga dilakukan Wanzhou setelah Departemen Hukum AS mulai menyelidiki Huawei.
  • Meski Wanzhou sudah tak lagi mengunjungi AS, sejumlah eksekutif Huawei tetap berkunjung ke AS setelah penyelidikan itu dimulai. Hal ini menyiratkan kalau Wanzhou punya posisi berbeda dari eksekutif Huawei yang lain.
  • Wanzhou adalah seorang dewan direksi dari sebuah perusahaan berbasis di Hong Kong bernama SkyCom. Perusahaan inilah yang diduga berbisnis dengan Iran antara 2009 sampai 2014. Skycom ini dianggap sebagai perpanjangan tangan Huawei, bahkan menggunakan logo perusahaan yang sama.

    "Huawei adalah SkyCom," ujar Gibb-Carsley dalam sidang bail hearing Wanzhou di Kanada.

    Karena Huawei bekerja sama dengan bank asal AS pada rentang waktu itu, jadi mereka tetap dianggap melanggar sanksi embargo terhadap Iran secara tak langsung. Hal ini membuat Wanzhou dianggap melakukan kejahatan penipuan terhadap bank tersebut.
  • Sampai saat ini pernyataan Huawei mengenai penangkapan Wanzhou adalah mereka hanya mempunyai sedikit informasi mengenai hal ini. Dan mereka mengaku tak mengetahui apakah Wanzhou memang melakukan pelanggaran.
  • Huawei mengaku percaya pada sistem hukum AS dan Kanada, dan mengaku akan mengikuti semua hukum dan regulasi yang berlaku di negara tempat mereka beroperasi, termasuk hukum pengontrol ekspor dan sanksi hukum.
  • Salah satu bukti yang dibawa Wanzhou dan pengacaranya yang bernama David Martin adalah sebuah slide presentasi pada 2013, yang menyebutkan Wanzhou melakukan sebuah presentasi pada bank di Hong Kong yang menyebut Huawei tak melanggar sanksi dagang oleh AS.


Tonton juga ' Petinggi Huawei Diamankan Pihak Berwajib Kanada ':

[Gambas:Video 20detik]

Ini Fakta-fakta Penangkapan Bos Huawei di Kanada
(asj/asj)
FOKUS BERITA Bos Huawei Ditangkap