KONSULTASI GADGET
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian
Lucky Sebastian adalah seorang Arsitek yang sangat hobby dengan gadget sejak tahun 1998.
Jumat, 24 Mar 2017 17:41 WIB

KlinikINET

Ponsel Tercebur di Air Laut Bisakah Diselamatkan?

Konsultan: Lucky Sebastian - detikInet
Foto: Reuters/Kim Hong-Ji Foto: Reuters/Kim Hong-Ji
Jakarta - Sudah banyak tips mengatasi jika ponsel tercebur di air tawar, lalu bagaimana tips jika tercebur di air laut dengan kandungan garam? Apakah masih bisa diselamatkan?

Jawaban:

Sebenarnya proses mengatasi tercebur baik air tawar maupun air laut sama, hanya beda di penanganan awalnya. Air laut ini bersifat sangat korosif, jadi bagian krusial untuk ponsel kita selamat saat terkena air laut adalah "memandikannya" dengan air tawar segera saat diangkat dari air laut.

Walaupun kelihatannya agak aneh smartphone tercebur malah kembali "dimandikan", air tawar ini yang akan menetralkan air laut yang masuk ke dalam ponsel. Saya malah menyarankan untuk bukan sekedar mengucurkan air tawar ke atas ponsel, tetapi benar-benar memasukkan ponsel ke ember berisi air tawar dan mengucek-uceknya.

Jika ponsel memiliki baterai yang bisa dilepas, sebaiknya lepaskan dulu baterai baru merendamnya ke air tawar. Jika baterai tanam, matikan ponsel dan masukkan ke dalam air tawar, untuk menetralkan air laut.

Setelah beberapa detik menguceknya di air tawar, keluarkan ponsel dari dalam air, keringkan sebisa mungkin dengan lap atau tissue, hindari penggunaan hair dryer, hindari perasaan penasaran mencoba menyalakannya, dan masukkan smartphone ke dalam toples tertutup berisi silica gel yang cukup, atau kalau tidak ada boleh diganti beras, dan biarkan beberapa hari di dalamnya sampai benar-benar air dan kelembaban di dalam ponsel keluar. Baru coba dinyalakan ulang.

Saat bermain ke pantai, sebaiknya jika memiliki smartphone yang bukan tahan air, bawa juga kantong khusus tahan air untuk ponsel yang sekarang sudah mudah dibeli.

Jika tidak ada, plastik obat yang bisa dibuka tutup juga boleh digunakan untuk berjaga-jaga. Jangan lupa senantiasa membawa botol berisi air mineral, berjaga- jaga kalau sampai smartphone jatuh ke air laut. (jsn/rns)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed