KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Kamis, 24 Okt 2019 11:31 WIB

Fitur Tv di Canon 5D Mark II Tak Berfungsi, Kenapa?

Enche Tjin, - detikInet
Ilustrasi (Foto: Unsplash) Ilustrasi (Foto: Unsplash)
Jakarta - Kenapa fitur Tv di Canon 5D Mark II tidak berfungsi. Saya menggunakan Canon 5D Mark II. Kenapa pada saat menggunakan fitur Tv untuk penggunaan flash pada malam hari, ketika shutter ditekan setengah, shuter speed jadi turun? (Feri Andri)

Jawaban:

Tv adalah pengaturan semi otomatis dimana kamera akan membantu kita menentukan shutter speed yang tepat, sedangkan fotografernya menentukan bukaan dan ISO. Tv disebut juga shutter priority atau kadang disingkat menjadi mode S atau Tv (Time value) di Canon.

Saat menggunakan flash, ada keterbatasan shutter speed yang dapat dipilih oleh kamera, karena ada minimum flash sync. Setiap kamera punya nilai flash sync yang berbeda-beda.

Saat menggunakan flash, kamera memilih menurunkan shutter ke 1/200 detik, karena jika tidak, maka gambar yang dihasilkan tidak bagus, karena ada bagian dari gambar yang akan menjadi gelap, karena tidak terkena flashnya.

Supaya Anda bisa menggunakan shutter speed yang cepat saat menggunakan flash, dibutuhkan flash yang memiliki mode high sync speed (FP).



Simak Video "Pengurangan Pemakaian Kertas Bikin Penjualan Printer Canon Menurun"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.