KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Kamis, 30 Mei 2019 18:17 WIB

KlinikINET

DSLR untuk Fotografer, Masih Perlu?

Enche Tjin, - detikInet
Ilustrasi kamera dslr. (Foto: nokishita) Ilustrasi kamera dslr. (Foto: nokishita)
Jakarta - Om, mau nanya nih. Pada kamera dslr, manakah derajat yang lebih penting antara kualitas gambar dengan kinerja, kualitas gambar dengan harga, kinerja dengan harga? (dodi sitorus)

Jawaban:

Dari tiga aspek tersebut, semuanya penting, tapi semua tergantung dari masing-masing fotografer dan jenis fotografi yang digeluti. Semuanya menurut saya penting, kualitas gambar, kinerja, dan harga yang terjangkau. Yang mana yang paling penting tentunya kembali ke masing fotografer dan jenis fotografi yang digeluti.

Bagi fotografer Landscape, atau produk / still life, tentunya kinerja (dalam hal ini kecepatan kamera) tentunya bukan yang utama karena subjek fotonya tidak bergerak. Tapi jika kebutuhannya untuk foto dokumentasi, olahraga, dan satwa liar, kamera yang kinerjanya cepat sangat penting.


Harga adalah konsekuensi dari kualitas dan kinerja misalnya kamera yang kualitas dan kinerjanya bagus, biasanya harganya mahal, sebaliknya jika harganya murah, maka kualitas gambarnya atau kinerjanya bukan yang terbaik.

Walaupun demikian, jika yang paling penting adalah harga, mungkin untuk fotografer pemula, atau mahasiswa, yang belum mendapatkan pendapatan tetap atau tinggi, maka bisa memilih kamera yang murah, yang biasanya kualitas gambar dan kinerjanya bukan yang terbaik tapi cukup untuk memulai belajar memotret. (jsn/asj)
Klik di sini untuk mengirimkan pertanyaan yang ingin dikonsultasikan dengan kami. Konsultasi seputar gadget, fotografi, internet security dan cyberlife.

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed