BERITA TERBARU
KONSULTASI FOTOGRAFI
Enche Tjin
Enche Tjin
Enche Tjin aktif dalam menulis dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi, Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait.
Senin, 25 Sep 2017 18:50 WIB

KlinikINET

Mana Lebih Baik, Kamera Murah Lensa Mahal Atau Sebaliknya?

Enche Tjin - detikInet
Foto: Zeiss Batis 18mm/infofotografi Foto: Zeiss Batis 18mm/infofotografi
Jakarta - Bakal lebih baik mana kalau kamera pemula menggunakan lensa berkualitas tinggi, dibandingkan dengan kamera profesional dengan lensa berkualitas rendah? (Firdaus Yudistira)

Jawaban:

Di era fotografi digital, baik kamera maupun lensa berperan penting dalam menentukan kualitas gambar. Kamera digital melalui teknologi sensor dan processor mengendalikan warna, kontras (dynamic range), dan noise di ISO tinggi. Selain itu, semakin bagus kameranya, kinerja kamera semakin cepat baik dalam hal pengoperasian dan autofokus.

Sedangkan lensa menentukan aperture/bukaan yang bisa digunakan, ketajaman, bokeh (kehalusan bagian yang tidak fokus), detail halus yang bisa ditangkap, ketahanan terhadap flare/suar saat lensa menghadap sumber cahaya langsung, warna, distorsi, chromatic abberation (CA), dan vinyet.

Jenis fotografi juga menentukan perbedaan kualitas antara keduanya, jika memotret dengan cahaya yang terkendali seperti di dalam studio, atau cahaya yang cukup, kamera pemula dengan lensa basic yang murah sudah sangat baik. Sebaliknya, jika memotret di pencahayaan yang terlalu kontras, gelap, atau perlu memotret berturut-turut dengan cepat, maka kamera yang lebih baik lebih bagus.

Kesimpulannya, kamera dan lensa sama-sama penting, tapi jika harus memilih, saya akan memprioritaskan lensa yang bagus terlebih dahulu. Lagian dari aspek ekonomi, harga kamera biasanya turun seiring waktu berjalan, sedangkan lensa harganya tetap, malah bisa naik menuruti inflasi dan kurs. (jsn/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed