Follower Saya Kok Sedikit?

KlinikINET

Follower Saya Kok Sedikit?

Penulis: Dewi Widya Ningrum - detikInet
Selasa, 09 Feb 2016 15:14 WIB
Foto: GettyImages/Bethany Clarke
Jakarta - Kenapa ya akun Twitter saya sedikit sekali yang follow? Padahal saya sering nge-tweet. Mohon pencerahannya, bagaimana agar follower Twitter saya bisa bertambah. Terima kasih.  (Angga)

Jawaban:

Sebenarnya pertanyaan seperti ini cukup sering muncul. Banyak pengguna Twitter yang bertanya-tanya mengapa ada akun Twitter yang mempunyai banyak follower, padahal mereka bukan selebritis. Di lain sisi, ada yang sering nge-tweet tapi cuma punya sedikit sekali follower. Tips-tips di bawah ini mungkin bisa Anda coba agar follower Anda bertambah.

1. Pertama-tama, cek foto profil dan bio akun Anda. Ini penting.

Jika Anda tidak memajang foto diri Anda dan hanya menggunakan foto profil telur, akun Anda bisa dianggap tidak jelas dan dikira sebagai akun samaran. Walhasil orang lain jadi enggan mem-follow Anda. Selain itu, bio juga harus diperhatikan. Sebuah akun Twitter tanpa bio akan dianggap tidak jelas identitasnya. Buatlah bio yang menggambarkan siapa diri Anda dan pekerjaan Anda secara singkat.

Setelah itu, perhatikan pula apakah akun Anda digembok atau tidak. Jika akun Anda digembok, bagaimana calon follower bisa melihat isi tweet Anda? Belum lagi mereka harus menunggu di-approve dulu, ini membuat orang jadi malas mem-follow Anda.

2. Konten tweet

Hal lain yang perlu diperhatikan agar orang lain tertarik mem-follow akun Twitter Anda adalah isi tweet yang Anda posting. Buatlah konten tweet yang bermanfaat bagi pengguna, dan jangan lupa ciptakan percakapan yang akrab dalam tweet tersebut.

Konten tweet yang dimaksud bisa berupa komentar yang sesuai dengan bidang Anda, berita yang relevan atau bahkan pertanyaan. Tweet Anda kemungkinan akan di-retweet (RT) atau dikomentari orang lain, jadi ada kemungkinan orang lain tertarik mem-follow Anda.

Sebaliknya, hindari postingan tweet berupa makian, keluhan, hal-hal tak senonoh, ataupun pornografi. Berbagilah opini, informasi, dan hal-hal yang bermanfaat. Jika Anda mau berjualan produk di Twitter boleh-boleh saja, tapi jangan terus menerus memborbardir isi timeline dengan promosi produk Anda, apalagi sampai mengganggu orang lain dengan me-mention akun mereka.

3. Follow akun lain

Ini bukan berarti Anda harus mem-follow semua akun Twitter secara membabi buta. Follow-lah seseorang yang menarik perhatian Anda, atau orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda.

Enaknya di Twitter, kita bisa ngobrol dengan orang-orang yang mungkin Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk bertatap muka secara langsung. Coba follow blogger favorit Anda, brand fashion kesukaan Anda atau akun-akun dimana Anda bisa membangun percakapan yang sesuai dengan minat Anda. Info-info seperti itu pasti akan bermanfaat bagi orang lain. Tweet Anda pun akan di-RT dan follower Anda bisa jadi akan bertambah.

4. Retweet

Jangan pernah ragu untuk memberikan Favorit atau Retweet pada postingan yang Anda suka. Tidak ada salahnya juga jika Anda mempromosikan akun-akun yang bermanfaat di-follow tanpa mengharapkan imbalan apapun. Dengan begini Anda secara tidak langsung telah membangun reputasi baik Anda.

5. Live tweet

Percaya atau tidak, melakukan live-tweet cukup ampuh untuk mendapatkan follower baru. Namun Anda harus pastikan apa yang Anda sampaikan informasinya menarik dan unik. Siapa pun bisa melaporkan apa yang mereka lihat, karena itu info-info live-tweet yang Anda sampaikan sebaiknya penting. Misalnya melaporkan adanya ledakan bom saat Anda berada di sekitar lokasi kejadian, atau kehebohan konser sebuah band ternama.

6. Say no to spam

Spam merupakan sesuatu yang jelek. Jika Anda pernah mengirim Direct Messange (DM) berisi spam, potensi Anda untuk di-unfollow cukup besar. Selain itu, tak akan ada follower baru yang mau mengikuti akun Anda karena mereka tahu bahwa suatu saat Anda akan mengirimi mereka DM berisi spam. (ash/ash)