Penyebab Nintendo Batalkan Switch Pro: Takut Gagal

Penyebab Nintendo Batalkan Switch Pro: Takut Gagal

ADVERTISEMENT

Penyebab Nintendo Batalkan Switch Pro: Takut Gagal

Anggoro Suryo - detikInet
Kamis, 29 Des 2022 22:11 WIB
Nintendo Switch OLED
Nintendo Switch OLED. Foto: Dok. Nintendo
Jakarta -

Sejak Nintendo Switch dirilis pada 2017, rumor kehadiran Switch Pro sudah beredar. Namun sampai kini konsol tersebut tak kunjung ada karena kabarnya sudah dibatalkan oleh Nintendo.

Pembatalan tersebut diungkap di podcast Digital Foundry Direct Weekly yang dibawakan oleh John Linneman. Menurut Linneman, ia pernah berbicara dengan sejumlah pengembang yang menyebut Nintendo sebenarnya sudah merencanakan untuk membuat Switch Pro, namun pada akhirnya rencana tersebut dibatalkan.

Linneman juga menyebut pembatalan tersebut sebagian besar diakibatkan oleh Wii U, konsol Nintendo sebelum Switch, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Kamis (29/12/2022).

Sebagai informasi, Nintendo Wii adalah konsol yang sangat populer saat pertama dirilis pada 2006 lalu dan terjual lebih dari 100 juta unit. Namun kemudian Nintendo merilis Wii versi upgrade yang bernama Wii U, yang ternyata gagal di pasaran dan hanya terjual sekitar 13 juta unit.

Kesalahan inilah yang tak mau diulangi oleh Nintendo, yaitu kemungkinan Switch Pro gagal di pasaran. Meski begitu, Linneman percaya kalau Nintendo tetap akan merilis Switch generasi selanjutnya, mungkin bernama Switch 2.

Konsol portabel tersebut kemungkinan akan memakai system on a chip (SoC) Nvidia Tegra T239, menggantikan Tegra X1 yang sudah sangat usang. Namun konsol ini juga tak akan dirilis dalam waktu dekat, bahkan perilisannya pun menurutnya bukan pada 2023 mendatang.

Tampaknya Nintendo tak ingin mencemari kesuksesan Switch jika sampai penerus konsol tersebut gagal di pasaran. Switch sendiri meski baru berusia lima tahun sudah masuk ke dalam lima besar konsol terlaris di pasaran dengan penjualan mencapai 114,33 juta unit.

Padahal Switch sendiri bukan tanpa masalah, salah satu yang paling populer adalah masalah pada Joy-Con yang drift atau bergerak sendiri meski tak disentuh. Belum lagi jika membahas Tegra X1 yang sudah kelewat usang.

Tegra X1 adalah SoC yang dirilis pada Maret 2015, dan kemudian versi customnya (T210 yang punya clock speed lebih rendah) mulai dipakai di Switch generasi pertama sampai saat ini Switch terbaru varian OLED.

Ya, SoC keluaran 2015 yang masih dibuat menggunakan fabrikasi 20nm. Sebagai informasi, akhir 2022 ini TSMC sudah mulai memproduksi chip 3nm, yang bakal dipakai di jajaran HP flagship keluaran 2023 mendatang.

Maka wajar saja jika kehadiran Switch Pro begitu ditunggu-tunggu, dengan harapan SoC yang lebih kencang sehingga bisa memainkan game dengan grafis yang lebih mumpuni, dan tentunya resolusi layar yang lebih tinggi, misalnya 4K.



Simak Video "Xbox Series Cetak Penjualan Terbaik di Kuartal Pertama 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT