Menpora Buka Indonesia Esports Summit di Bali

Menpora Buka Indonesia Esports Summit di Bali

ADVERTISEMENT

Menpora Buka Indonesia Esports Summit di Bali

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 02 Des 2022 21:54 WIB
Menpora RI, Zainudin Amali, resmi membuka Indonesia Esports Summit & IESF 14th World Esports Championships Bali 2022. Acaranya dimulai dari 2-11 Desember 2022.
Menpora RI, Zainudin Amali, resmi membuka Indonesia Esports Summit & IESF 14th World Esports Championships Bali 2022. Acaranya dimulai dari 2-11 Desember 2022. (Foto: Screenshot Youtube PBESI)
Jakarta -

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali, resmi membuka Indonesia Esports Summit dan IESF 14th World Esports Championships (WEC) Bali 2022. Acaranya sendiri digelar di Nusa Dua, Bali, selama sepuluh hari.

"Dalam kesempatan ini saya ingin berpesan, kepada para atlet Indonesia khususnya. Bertandinglah dengan sportif, tunjukkan sportifitas, pererat persahabatan sama negara-negara di dunia yang menjadi peserta di kejuaraan di dunia ini," kata Zainudin, dikutip detikINET dari Youtube PBESI, Jumat (2/12/2022).

Menurut Zainudin, acara ini menjadi momentum istimewa bagi esports Indonesia, untuk melakukan lompatan besar, menjadi yang terdepan di Asia bahkan dunia. Ia ingin Indonesia Esports Summit menjadi sejarah baru, dalam upaya berkontribusi besar bagi esports bangsa, negara dan dunia.

Selain Zainudin, juga ada pernyataan lisan dari Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo. Di sini, dirinya mengungkapkan tiga hal yang telah timnya amati dari industri esports, mulai dari pemilihan nama tim yang unik nan kreatif, perkembangan ekosistemnya, dan paradoks keseimbangan hidup para atletnya.

"Atlet esports banyak yang mencari keseimbangan hidup. Namun atlet esports juga secara profesional, banyak yang mengeluh tentang hidupnya yang tidak seimbang antara latihan berjam-jam dan berhari-hari tidak libur. Oleh karena itu, atlet esports harus bisa menjaga kesehatan, menjaga waktu dan mengatur waktunya dengan baik," ujar Bambang.

Bambang berharap, agar IESF 14th World Esports Championships Bali 2022, menjadi sebuah momentum baru. Di mana maksudnya sendiri, menjadi ruang untuk membangun persahabatan dan perdamaian dunia.

Hal tersebut pun mendapat apresiasi President IESF, Vlad Marinescu. Ia memuji dan berterima kasih kepada PBESI, Garudaku dan pihak lain yang terkait, dengan semua hal yang telah disuguhkan di acara esports terbesar di Indonesia ini.

"Saya dapat mengatakan bahwa pengalaman berbagi budaya Anda, tidak hanya soal makanan, musik, kostum, pakaian, dan tradisi, tetapi yang lebih penting, yakni persahabatan, kedamaian, dan persatuan yang ditunjukkan orang-orang kepada kita di sini hari ini adalah benar-benar luar biasa," kata pungkas Vlad.

Sedikit informasi, bahwa pada hari ini, Jumat, 2 Desember 2022, Indonesia Esports Summit resmi dibuka. Di sini, menyajikan beragam acara luar biasa, di mana agenda utamanya ialah IESF 14th WEC Bali 2022.

Kejuaraan dunia esports itu, menampilkan persaingan 688 atlet dari 105 negara di enam nomor game, mulai dari CS:GO, PUBG Mobile, Mobile Legends, eFootball 2023, Dota 2, dan Tekken 7. Keseruannya berlangsung mulai dari 2-11 Desember 2022.



Simak Video "IESF Bali 2022 Berakhir, Ini Daftar Pemenangnya"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT