Cuan Terus! Genshin Impact Raup Rp 56,3 Triliun dalam 2 Tahun

Cuan Terus! Genshin Impact Raup Rp 56,3 Triliun dalam 2 Tahun

ADVERTISEMENT

Cuan Terus! Genshin Impact Raup Rp 56,3 Triliun dalam 2 Tahun

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 03 Okt 2022 07:45 WIB
Kapan Maintenance Genshin Impact Selesai? Ini Jawabannya
Cuan Terus! Genshin Impact Raup Rp 56,3 Triliun dalam 2 Tahun Foto: (Twitter Genshin Impact)
Jakarta -

Genshin Impact baru saja merayakan hari jadinya yang kedua. Tidak disangka, dalam kurun waktu dua tahun game gacha besutan HoYoverse ini berhasil meraup USD 3,7 miliar atau sekitar Rp 56,3 triliun.

Angka ini merupakan hasil analisis Sensor Tower dari 28 September 2020 (tanggal rilis Genshin Impact) hingga 26 September 2022. Data ini diambil dari pengeluaran gamer lewat Apple App Store dan Google Play Store, yang artinya cuan Rp 56,3 triliun ini hanya datang dari gamer mobile dan belum menghitung pendapatan dari gamer konsol dan PC.

Dengan pendapatan Rp 56,3 triliun dalam dua tahun, Genshin Impact menjadi game ketiga dengan pendapatan tertinggi di seluruh dunia. Posisi pertama dipegang oleh Honor of Kings dengan USD 5,5 miliar (Rp 83,7 triliun) dan PUBG Mobile dengan USD 4,9 miliar (Rp 74,6 triliun). Keduanya merupakan game yang dirilis oleh Tencent.

Genshin Impact juga menjadi game gacha dengan pendapatan tertinggi, mengalahkan Rise of Kingdoms dan Three Kingdoms Strategic yang meraup sekitar USD 1,7 miliar.

China masih menjadi pasar terbesar bagi Genshin Impact. Gamer di Negara Tirai Bambu menyumbangkan USD 1,2 miliar atau 33% dari total pendapatan global Genshin Impact.

Menariknya, angka fantastis ini hanya datang dari gamer yang menggunakan perangkat iOS. Khusus untuk pasar China, di mana Google Play Store tidak tersedia, Sensor Tower tidak menghitung pengeluaran di toko aplikasi pihak ketiga. Jadi cuan yang didapatkan Genshin Impact di China bisa jauh lebih besar.

Selain China, Genshin Impact juga populer di Jepang dan Amerika Serikat. Jepang menyumbangkan 24% dari total pendapatan dan Amerika Serikat menyumbangkan 17%, seperti dikutip dari Sensor Tower, Senin (3/10/2022).

Genshin Impact sendiri baru saja merilis update terbarunya di versi 3.1. Update ini membawa area baru di Sumeru, serta tiga karakter baru yaitu Cyno, Nilou, dan Candace.

Di ulang tahun keduanya, Genshin Impact juga membagikan 1.600 Primogems dan 10 Intertwined Fates gratis untuk penggemarnya. HoYoverse juga sedang mengembangkan anime Genshin Impact bersama studio animasi Ufotable, jadi pendapatan mereka juga diputar lagi untuk menghadirkan lebih banyak konten.



Simak Video "Genshin Impact Update, HoYoverse Bagikan 60 Primogems Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT