Ini Dia Pemain Indonesia yang Ada di FIFA 23

ADVERTISEMENT

Ini Dia Pemain Indonesia yang Ada di FIFA 23

Anggoro Suryo - detikInet
Minggu, 02 Okt 2022 14:16 WIB
FIFA 23
Foto: Dok. EA
Jakarta -

Dari deretan pesepak bola tenar dunia, terselip pemain Indonesia di game FIFA 23. Siapa dia?

Pemain yang dimaksud adalah Elkan Baggott, pesepak bola kelahiran Thailand yang membela tim nasional Indonesia. Baggot terdaftar sebagai pemain Gillingham FC yang berlaga di EFL League Two.

Saat ini Elkan memang tengah menjalani masa pinjaman di tim tersebut. Ia menjadi pemain dengan kartu perunggu, tepatnya bronze common. Rating keseluruhannya adalah 58, dengan rating tertingginya di aspek physical, defending, dan pace, layaknya kebanyakan center back lain.

Elkan Baggot di FIFA 23Elkan Baggot di FIFA 23 Foto: Screenshot FIFA 23

Rating 58 ini jelas tak bisa dibilang tinggi untuk standar FIFA 23, namun di timnas Indonesia, Elkan adalah sosok yang diandalkan oleh pelatih Shin Tae Yong, dan sulit digantikan oleh pemain lain di timnas Garuda.

Sebenarnya, ada juga pemain berdarah Indonesia lain di FIFA 23, yaitu Sandy Walsh yang menjadi bek sayap di KV Mechelen. Bahkan ia punya rating yang lebih tinggi dibanding Elkan, yaitu 69.

Namun saat ini ia belum resmi menjadi pemain timnas Garuda karena masih menunggu disahkan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

FIFA 23 baru dirilis pada 30 September lalu, meski sejumlah pemain yang melakukan pre order varian Ultimate sudah bisa mencicipinya sejak 27 September. Game besutan Electronic Arts ini tersedia di berbagai platform, seperti PlayStation, Xbox, PC, dan Nintendo.

Harga game ini bervariasi tergantung platform dan varian yang dipilih. Di PlayStation misalnya, FIFA 23 versi standar harganya adalah Rp 1 jutaan dan versi Ultimate harganya Rp 1,4 juta. Lalu di Nintendo harganya adalah Rp 600 ribuan, dan di Steam harganya Rp 700 ribuan.

Ada hal menarik datang dari fitur baru yang disematkan EA, bertajuk Disable Critical Commentary. Sesuai dengan namanya, fungsinya untuk melenyapkan atau mematikan komentar dari komentator, di mana tujuannya hanya menyerang kemampuan bermain dari para gamer yang tidak bagus.

Selain itu, informasi lainnya datang dari keputusan mereka untuk tidak memasukkan tim nasional dan klub sepak bola asa Rusia di FIFA 23. Hal ini terjadi, buntut dari apa yang dilakukan negara tersebut terhadap Ukraina.

"Sesuai dengan mitra kami di FIFA dan UEFA, EA Sports tidak akan menyertakan tim nasional Rusia atau klub Rusia di FIFA 23," tegas EA (27/7).



Simak Video "Elon Musk Klaim Twitter Kini Lebih Baik Usai Pecat Karyawan"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT