Wow! Total Hadiah Kejuaraan Dunia Esports Desember 2022 Rp 7,4 Miliar

ADVERTISEMENT

Wow! Total Hadiah Kejuaraan Dunia Esports Desember 2022 Rp 7,4 Miliar

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 30 Agu 2022 11:15 WIB
Kejuaraan Dunia Esports Digelar Desember 2022, Segini Total Hadiahnya
Kejuaraan Dunia Esports Digelar Desember 2022, Segini Total Hadiahnya (Foto: PBESI)
Jakarta -

Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), mengumumkan tanggal pelaksanaan kejuaraan dunia esports, bertajuk Bali 14th Esports World Championships 2022. Acaranya digelar pada akhir tahun 2022, tepatnya 2-11 Desember mendatang.

Nantinya, ajang bergengsi ini menampilkan enam jenis game, mulai dari Tekken7, Dota 2, Mobile Legends, PUBG Mobile, eFootball 2022, dan CS:GO. Untuk total hadiah yang disuguhkan pun tak main-main mencapai USD 500 ribu atau sekitar Rp 7,4 miliar.

Khusus game CS:GO, mereka menyajikan dua kategori, yakni CS:GO Male dan CS:GO Female. Nah, secara keseluruhan, lebih dari satu juta atlet esports dari 120 negara dan lima region (Oceania, Eropa, Asia, Pan America, Afrika), di mana akan bersaing memperebutkan hadiah hingga miliaran rupiah tersebut, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Kejuaraan Dunia Esports ini sendiri, merupakan salah satu dari rangkaian acara Indonesia Esports Summit: 14th World Esports Championships 2022. Menariknya, acara tersebut akan menjadi kegiatan esports outdoor terbesar di dunia.

Para partisipan akan mengikuti kegiatan, sembari menikmati keindahan pantai dan pesona alam Bali. Hal ini pun selaras dengan konsep yang diusung acara tersebut bertajuk sport tourism.

Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo, menyampaikan bahwa Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships 2022, menjadi salah satu agenda penting tahun ini. Melalui serangkaian pertandingan yang sarat kreativitas, Bambang juga mengungkapkan pesan ke pada masyarakat luas.

"Bahwa esports adalah bidang yang sangat positif bagi insan yang memiliki kecerdasan, kreativitas, kedisiplinan, dan etos kerja yang tinggi. PBESI optmistis, Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships akan menjadi landasan kuat bagi Indonesia di masa depan sebagai salah satu pusat dan barometer esports dunia," ujar Bambang.

Vlad Marinescu, Presiden IESF, turut mengatakan penyelenggaraan World Esports Championships ke-14, akan menjadi tonggak sejarah bagi PBESI, sebagai salah satu anggota IESF. Marinescu juga menyampaikan, mereka sangat antusias menyambut acara ini, yang dilaksanakan di negeri paling indah, yakni Indonesia, khususnya Bali.

"Kami siap berkolaborasi bersama PBESI untuk mendukung pertumbuhan komunitas esports di Indonesia yang tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat. Selamat dan sukses kepada PBESI untuk penyelenggaraan Indonesia Esports Summit: Bali 14th World Esports Championships," tambah Marinescu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Boban Totovsky, Sekjen IESF, membeberkan alasannya mengapa Indonesia menjadi tuan rumah Esports World Championship ke-14 2022 atau Kejuaraan Dunia Esports 2022. Menurutnya karena negara ini, menjadi sepuluh besar pasar esports di dunia.

"Meskipun perkembangan esports tidak bisa fokus di satu negara, namun Indonesia negara yang kuat dan mampu menyebarkan pendidikan terkait esports," ujar Boban (11/3).



Simak Video "Sambutan Hangat untuk Tim Esports Peraih Medali di SEA Games 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT